Sambut Kunjungan Ketua PYKB Jawa Timur, Setda Joko Irianto Sampaikan Sinergi Polres Trenggalek Bersama 3 Pilar Dalam Penanganan Covid-19

berita

05 April 2021

51
Sambut Kunjungan Ketua PYKB Jawa Timur, Setda Joko Irianto Sampaikan Sinergi Polres Trenggalek Bersama 3 Pilar Dalam Penanganan Covid-19

Sekretaris Daerah Trenggalek, Ir.Joko Irianto, M.Si bersama Ketua TP PKK Novita Hardini sambut kunjungan Ketua Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari (PYKB) Jawa Timur, Ully Nico Afinta di SLB Kemala Bhayangkari Trenggalek, Senin (5/4/2021).

Dalam kunjungan Istri Kapolda Jatim kali ini, Sekda Joko Irianto menyebut sinergi cukup baik telah terbangun baik dari Polres Trenggalek bersama unsur Tiga Pilar lainnya dalam penanganan covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

Dijelaskan oleh Sekda Joko, pada awal Tahun 2021 tepatnya Januari hingga Februari, Kabupaten Trenggalek sempat masuk menjadi daerah rawan penyebaran covid-19 karena masuk dalam kategori zona merah.

Dimana pada kurun waktu tersebut sempat terjadi penambahan kasus orang terkonfirmasi positif covid dengan jumlah yang cukup besar.

Kemudian berkat sinergi dan kerjasama yang baik dari unsur Tiga Pilar Pemkab Trenggalek, Polres Trenggalek, dan Kodim 0806 untuk membentuk Kampung Tangguh Semeru. Akhirnya pada akhir februari status kerawanan berhasil ditekan dan Kabupaten Trenggalek masuk dalam zona oranye.

"Alhamdulilah setelah memasuki akhir februari kami masuk zona oranye. Kami sudah membentuk Kampung Tangguh Semeru di seluruh desa," terang Sekda Joko Irianto.

Selanjutnya dengan diberlakukannya PPKM mikro juga semakin menekan penyebaran covid-19 di Kabupaten Trenggalek menjadi semakin terkendali. Dimana tingkat kesembuhan dari semula saat masih 78% kini juga telah meningkat menjadi sebesar 95%.

Upaya lain yang dilakukan oleh Pemkab Trenggalek bersama Polres Trenggalek dan Kodim 0806 untuk mendorong tingkat kesembuhan pasien covid adalah penyediaan gedung isolasi.

Beberapa gedung isolasi tersebut meliputi Asrama BKD Trenggalek, Gedung Isolasi Dinas Kesehatan, dan Hotel Prigi Watulimo. Termasuk Rusunawa serta rumah sakit swasta juga disiapkan apabila terjadi ledakan pasien covid-19.

"Ahamdulilah kondisi gedung isolasi saat ini sudah menurun sekali, kapasitas hanya terisi isi 20 persen," ungkapnya.

Putera mantan Bupati Trenggalek, Joko Soetran ini juga menyebut capaian penanganan covid-19 di Trenggalek ini berkat kerjasama baik dari seluruh unsur jajaran Pemkab Trenggalek, Polres Trenggalek, maupun Kodim 0806.

Sementara itu di sektor pendidikan, Sekda Joko Irianto mengatakan Kabupaten Trenggalek telah mulai melaksanakan pendidikan secara tatap muka dimulai dari kelas 9 SMP yang dilaksanakan sebesar 50%.  Hal ini juga semakin didukung dengan telah tervaksinasinya seluruh tenaga pendidik di Kabupaten Trenggalek.  Diskominfo Trenggalek