Resmikan Gedung Pusat KSPP Syariah Madani, Bupati Nur Arifin Dorong Koperasi Go Digital

berita

07 April 2021

32
Resmikan Gedung Pusat KSPP Syariah Madani, Bupati Nur Arifin Dorong Koperasi Go Digital

Pemanfaatan teknologi atau digitalisasi menjadi suatu kebutuhan yang harus dilakukan oleh pelaku usaha termasuk lembaga koperasi. Hal ini penting dilakukan agar lembaga koperasi mampu beradaptasi terharap perubahan zaman, terlebih dimasa pandemi seperti saat ini interaksi secara langsung di masyarakat sangat dibatasi.

Arahan ini disampaikan oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat meresmikan Gedung Pusat KSPP Syariah Madani Jawa Timur di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo, Selasa (6/4/2021).

"Saya berharap digitalisasi koperasi, salah satunya melaksanakan e-RAT agar itu bisa diwujudkan," tutur Bupati Nur Arifin.

Menurut suami Novita Hardini tersebut, pertumbuhan KSPPS Madani yang saat ini juga menjadi role model koperasi di Jawa Timur perlu diiringi dengan layanan koperasi berbasis digital.

"Kalau sudah bisa e-RAT artinya tidak perlu undang dalam jumlah banyak, apalagi kan masa pandemi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Nur Arifin menyebut digitalisasi ini merupakan suatu keharusan untuk mengembangkan sayap usaha bagi sebuah koperasi.

Seperti perluasan jaringan dan cakupan pelayanan koperasi, membuka cabang baru, maupun kerjasama dengan koperasi lain bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan platform digital.

Dijelaskan olehnya, pemanfaatan platform digital tersebut bisa dilakukan seperti menggelar Rapat Anggota Tahunan secara virtual, transaksi secara elektronik, maupun pelayanan koperasi lainnya yang bisa diakses secara daring.

"Saya minta koperasi harus terus bertumbuh, dan Pemerintah pun mempercayai KSPP Madani. Makanya ketika kita memiliki program lelang ikan secara online, ini harus bekerjasama dengan koperasi," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek