SEKDA TRENGGALEK BUKA KICK OFF PEMBEKALAN MATERI PENYUSUNAN KLHS RPJMD 2021 - 2024

berita

20 October 2020

1922
SEKDA TRENGGALEK BUKA KICK OFF PEMBEKALAN MATERI PENYUSUNAN KLHS RPJMD 2021 - 2024

Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek Ir.Joko Irianto, M.Si membuka kick off pembekalan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Trenggalek Tahun 2021-2024, Senin (19/10/2020).

Terapkan protokol kesehatan, kegiatan pembekalan dilaksanakan dari 3 tempat berbeda, Smart Center, Pendhapa, Aula Bappeda Litbang Kabupaten Trenggalek dan mengundang narasumber dari Kementerian LHK dan Dinas LH Provinsi Jawa Timur.

Trenggalek menjadi salah satu Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun 2020 pada 9 Desember 2020 mendatang. Untuk itu sebagai
konsekuensi terpilihnya Kepala Daerah baru, Pemkab Trenggalek diwajibkan menyusun RPJMD Tahun 2021-2024 dengan melaksanakan pembuatan KLHS-RPJMD pada tahap awal sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari penyusunan RPJMD.

Dalam sambutannya, Sekda Joko Irianto menuturkan penyusunan RPJMD sebagai rencana pembangunan di daerah sangatlah penting. Proses penyusunan RPJMD sangat kompleks, harus menyeluruh dengan memperhatikan prinsip yang sudah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan
sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Sekda Joko menekankan bahwa kegiatan Kick-Off Penyusunan KLHS RPJMD memiliki peranan yang sangat penting dalam merencanakan pembangunan Kabupaten Trenggalek utamanya dalam aspek keberlangsungan lingkungan hidup.

Dimana adanya perubahan peraturan perundangan mengharuskan kita sekalian untuk menyikapi dengan baik, agar nantinya dalam penyusunan RPJMD secara keseluruhan tidak mengalami terkendala.

Putera dari Mantan Bupati Trenggalek Brigjend Soetran ini juga menjelaskan dalam penyelenggaraan KLHS RPJMD Kabupaten Trenggalek nanti, mekanisme yang dilaksanakan adalah berpedoman pada Permendagri 7 Tahun 2018 dan melalui 4 tahapan.

Tahapan tersebut diantaranya adalah pembentukan Tim pembuat KLHS RPJMD, pengkajian muatan pembangunan berkelanjutan, perumusan skenario pembangunan berkelanjutan, dan penjaminan kualitas, pendokumentasian dan validasi KLHS RPJMD.

Lebih lanjut, Sekda Trenggalek juga menghimbau seluruh jajarannya ditingkat OPD untuk mendukung penyusunan KLHS RPJMD ini dengan memberikan support data dan informasi, serta seluruh proses tahapan sampai mendapatkan validasi. Diskominfo Trenggalek