Sekda Trenggalek Hadiri Pembukaan Festival Dewi Cemara & Pekan Kebudayaan Daerah di Anjungan Cerdas Bendungan Tugu

berita

03 November 2022

123
Sekda Trenggalek Hadiri Pembukaan Festival Dewi Cemara & Pekan Kebudayaan Daerah di Anjungan Cerdas Bendungan Tugu

Kabupaten Trenggalek menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Dewi Cemara (Desa Wisata Mandiri Sejahtera) dan Pekan Kebudayaan Daerah yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Festival ini sendiri akan digelar selama 2 hari kedepan di Anjungan Cerdas Bendungan Tugu. Beragam kesenian dan kebudayaan dari seluruh daerah di Jawa Timur ditampilkan dalam ajang kali ini, tak hanya itu saja pameran Desa Wisata juga ikut ambil bagian dalam gelaran kali ini.

Dari Kabupaten Trenggalek sendiri menghadirkan 2 Desa Wisata dari Durensari Sawahan Watulimo dan Desa Wisata Watukandang Pandean Dongko.

 


 

Hadir langsung dalam pembukaan festival ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Edy Soepriyanto menuturkan tren pengembangan Desa Wisata memiliki kontribusi positif terhadap pertumbuhan perekonomian di suatu daerah, Rabu (2/11/2022).

Pemkab Trenggalek sendiri kini juga tengah fokus untuk mengembangkan setiap potensi wisata di Desa atau yang lebih dikenal dengan istilah Desa Wisata.

"Alhamdulillah kabupaten Trenggalek sudah mencanangkan program Sadewa atau 100 Desa Wisata yang sejak tahun 2021 sebanyak 35 Desa Wisata telah dikembangkan kemudian di tahun 2022 ini 35 Desa Wisata dan sisanya di tahun 2023," tuturnya.

 


 

Mantan Asisten Pemerintahan dan Kesra ini menambahkan, "ini semua sudah kita kembangkan dan kekhasannya masing-masing Desa Wisata ini diampuni oleh satu perangkat daerah. Ini cukup berseiring karena walaupun tidak menangani langsung dalam urusan kepariwisataan seperti BKD, tapi dengan kolaborasi dan komitmen bersama untuk mengembangkan Desa Wisata itu semua bisa berjalan dengan baik," imbuhnya.

Bahkan dari sekian Desa Wisata yang didampingi, ada salah satu Desa yakni Desa Pandean yang masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kemenparekraf RI dengan meraih gelar Juara Harapan I untuk Kategori Desa Wisata Berkembang.

 


 

Untuk itu, Sekda Edy berharap prestasi yang telah diraih Desa Pandean ini bisa ditiru oleh Desa-Desa lain di Trenggalek agar bisa terus berkembang dengan baik sehingga dapat mendorohg kesejahteraan masyarakat sekitar. Diskominfo Trenggalek