Sektor Perikanan Dipacu Terus Tumbuh Ditengah Keterbatasan Fiskal

ekonomi

09 February 2022

270
Sektor Perikanan Dipacu Terus Tumbuh Ditengah Keterbatasan Fiskal

Ditengah keterbatasan anggaran Pemerintah Daerah, sektor perikanan di Kabupaten Trenggalek terus didorong untuk tetap tumbuh signifikan.

Mengingat dalam indikator kinerja utama, sektor perikanan yang masuk dalam sektor primer PDRB ini juga diminta untuk berkontribusi terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Trenggalek.

"Kita berupaya untuk kemudian mengungkit dengan anggaran yang kecil itu bisa mendapatkan impact yang besar," tutur Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat melakukan safari OPD di Dinas Perikanan, Senin (7/2/2022).

Pemimpin muda ini mencontohkan, jika terdapat delivery program perikanan yang tidak mungkin dilakukan perubahan maka bisa diganti dengan sebuah kompetisi.

"Jadi kita tahu yang greget di sektor perikanan ini siapa sih pasti mereka ikut lomba katakanlah lomba budidaya dan segala macam kemudian kita beri hadiah," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menjelaskan untuk mendorong peningkatan retribusi bisa dimungkinkan dengan mengadakan lomba. Dimana dalam lomba tersebut salah satu indikatornya adalah siapa nelayan yang tertib retribusi, serta tertib menjaga kebersihan dilingkungan TPI.

"Nanti kita beri skor, mungkin kedepan kita beri program lebih daripada nelayan yang lain," terangnya.

"Ini yang kita dorong karena kita secara fiskal sempit, tetapi kita ingin setiap yang kita lakukan itu bisa merubah mindset atau paradigma untuk baik di perikanan tangkap atau perikanan budidaya ini bisa naik," sambungnya.

Selain memberikan pelayanan, Dinas Perikanan juga diharapkan bisa menjadi reproduce center karena banyak sebenarnya aset-aset perikanan yang memiliki nilai ekonomis untuk bisa kemudian dikerjasamakan atau bisa mendapatkan revenue PAD yang lebih.

"Kalau PAD nya tambah tentu nanti bisa kita belanjakan untuk pelayanan kepada masyarakat lebih besar lagi," tandasnya. Diskominfo Trenggalek