Serius Dukung Gerakan Proklim Ini Program Yang Akan Dilakukan Pemkab Trenggalek

berita

17 March 2022

135
Serius Dukung Gerakan Proklim Ini Program Yang Akan Dilakukan Pemkab Trenggalek

Pemerintah Kabupaten Trenggalek seriusi dukungannya terhadap Program Kampung Iklim (Proklim). Hal ini ditujukan untuk mendorong indeks kota hijau sebagai upaya terwujudnya pembangunan yang rendah karbon di Kabupaten Trenggalek.

Gerakan Proklim sendiri merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Gerakan ini juga menjadi langkah strategis pemerintah dalam membumikan isu global perubahan iklim menjadi aksi bersama hingga ke masyarakat.

Sebagai langkah awal, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mewajibkan seluruh OPD untuk menjadi pelopor dengan adaptasi programnya masing-masing guna mendukung gerakan proklim.

"Kita rapat khusus untuk Trenggalek Pro Iklim ini mendukung indeks kota hijau, kita seriusi nanti setiap OPD wajib melaporkan adaptasi dan mitigasinya," ungkap Bupati Nur Arifin saat dikonfirmasi selepas memimpin FGD Proklim di Smart Center, Selasa (15/3/2022).

Ditambahkan oleh Bupati muda ini "Harapannya lebih serius lagi untuk bisa mewujudkan Trenggalek pembangunannya rendah karbon, mengurangi emisi gas rumah kaca, terus kemudian saya percaya kalau lingkungan kita baik ya ekonominya bisa tumbuh baik," imbuhnya.

Untuk mengawal gerakan ini, Bupati Nur Arifin menyebut dalam waktu dekat akan membentuk Sekretariat Proklim. "Kemudian nanti kita tagih dulu aksi adaptasinya setiap dinas seperti apa," tegasnya.

Suami Novita Hardini tersebut menjelaskan, upaya yang dilakukan seperti mungkin di Dinas Perhubungan, bagaimana caranya transportasi rendah karbon dalam bentuk uji emisinya diketati.

Kemudian kedua memperbanyak kawasan tanpa kendaraan bermotor, seperti kegiatan car free day bisa diperpanjang atau diperbanyak area luasanya agar bisa menurunkan emisi karbon.

"Kalau mengurangi konsumsi listrik, mungkin kita hari jumat gerakan di seluruh kantor tanpa AC, untuk bisa mengurangi listrik. Kegiatan naik sepeda setiap hari jumat, ya seperti itu yang sederhana-sederhana," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek