Target Nilai A, Pemkab Trenggalek Berikan Pembinaan SAKIP Bagi Seluruh Perangkat Daerah

inovasi

29 January 2021

108
Target Nilai A, Pemkab Trenggalek Berikan Pembinaan SAKIP Bagi Seluruh Perangkat Daerah

Setelah sebelumnya berhasil mempertahankan nilai BB, tahun ini Pemerintah Kabupaten Trenggalek mentargetkan mendapat Nilai A dalam Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Guna mewujudkan capaian target tersebut, Pemkab Trenggalek memberikan Pembinaan SAKIP dan Penguatan Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang menghadirkan narasumber dari Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur, Rabu (27/1/2021).

Membuka pembinaan SAKIP tersebut, Sekretaris Daerah Ir.Joko Irianto, M.Si menyebut implementasi SAKIP dengan tepat sangatlah penting. Untuk itu Sekda Joko meminta seluruh Kepala OPD agar serius memperbaiki nilai SAKIP di masing-masing Perangkat Daerah.

"Kita tinggal sejengkal, tapi sejengkalnya juga harus sama-sama, semua OPD memperbaiki," tutur Sekda.



Sebagaimana arahan yang juga telah disampaikan oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam rapat staf, dimana salah satunya adalah mentargetkan Pemkab Trenggalek memperoleh nilai SAKIP A di tahun ini.

Sekda Joko Irianto juga menekankan pentingnya terus menjaga komitmen dan koordinasi yang baik pada Organisasi Perangkat Daerah, sehingga dapat meminimalisir kekurangan dalam penyusunan LKjIP.

"Kami sangat berharap terutama OPD memahami materi yang diberikan oleh Biro Organisasi sehingga nanti dalam membuat LKJIP itu sudah tidak salah. Karena LKJIP itu sangat mendukung perbaikan SAKIP," ungkapnya.

"SAKIP kita ini kan masih BB, Pak Bupati berharap nilainya jadi A. Dengan perbaikan ini bisa mendukung sehingga kita bisa mencapai A," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek