Targetkan 1.500 Sasaran, Vaksinasi Masal Sistem Drive Thru Di Gelar di Kabupaten Trenggalek

berita

25 June 2021

1945
Targetkan 1.500 Sasaran, Vaksinasi Masal Sistem Drive Thru Di Gelar di Kabupaten Trenggalek

Kebut vaksinasi, Pemerintah Kabupaten Trenggalek dan Polres Trenggalek bersinergi menggelar vaksinasi masal dengan sistem drive thru. Sedikitnya ada 1500 sasaran yang ditargetkan tercapai dalam vaksinasi covid-19 yang digelar di 3 lokasi kali ini, Pasar Pon, Pasar Bendorejo, dan Kecamatan Watulimo, Kamis (24/6/2021).

Uniknya, untuk menarik minat masyarakat mengikuti program vaksinasi, Polres Trenggalek menyediakan hadiah berupa 35 ekor kambing dan 80 ekor ayam bagi warga yang beruntung mendapatkan kupon undian setelah mendapatkan suntikan vaksinasi.

Kapolres Trenggalek, AKBP Dwiasi Wiyat Putera mengatakan vaksinasi sistem drive thru dipilih karena cenderung aman dan minim menimbulkan kerumunan. Pamen Polri ini menjelaskan vaksin yang diberikan merupakan bantuan dari Kapolda Jawa Timur sebanyak 10.000 vaksin. Vaksinasi juga dilaksanakan secara bertahap, yakni pada hari Kamis 24 Juni 2021, Sabtu 26 Juni 2021, dan Senin 28 Juni 2021.

Para peserta vaksinasi masal ini merupakan warga masyarakat yang sebelumnya sudah terdata oleh petugas di masing-masing wilayah kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

"Hari ini kita Forkopimda dari Kabupaten Trenggalek pada hari ini rencana 1500 vaksin, selang satu hari pada Sabtu dan Senin ditargetkan 2000 vaksin yang akan diterima oleh masyarakat," jelas Kapolres.

"Prioritas kita desa zona oranye yang banyak terkonfirmasi kasus positifnya tinggi," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menuturkan upaya vaksinasi ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo.

Dimana dalam arahannya Presiden memerintahkan vaksinasi harus terus digencarkan dengan target satu hari minimal satu juta dosis untuk menekan laju penyebaran covid-19 di seluruh Indonesia.

Upaya vaksinasi ini dijelaskan oleh Bupati juga dilaksanakan tidak hanya melalui Pemerintah Daerah, melainkan juga TNI Polri sebagai bentuk sinergi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam mencegah dampak covid-19.

"Ahamdulilah Pak Kapolda memberikan kita kurang lebih 10 ribu dosis yang akan kita suntikan selama 3 hari kedepan," tutur Bupati Nur Arifin.

Kemudian selain menarik minat masyarakat, Bupati juga berharap dengan undian hadiah yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya sebagai upaya pemulihan ekonomi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, dr.Saeroni, M.MRS menyebut vaksinasi ini sebagai upaya mendongkrak capaian percepatan vaksinasi khususnya bagi para lansia.

Mantan Direktur RSUD dr.Soedomo ini menambahkan, capaian vaksinasi di Trenggalek yang sudah tercapai 100 persen adalah sasaran vaksin bagi SDM Kesehatan. Sedangkan yang kedua untuk pelayanan publik dari 30 ribu telah tercapai 21 ribu sasaran.

"Strategi percepatan untuk lansia sudah diinisiasi dari Polres kita ada drivethru kemudian ada yang menarik itu hadiah hadiah. Dan kemudian kita tetap melakukan pendekatan ke tokoh masyarakat yang ada di desa-desa," jelasnya. (Kominfo Trenggalek)