Ukir Prestasi di tingkat Provinsi, SMAN 1 Durenan Wakili Jawa Timur di Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

berita

27 July 2018

2708
Ukir Prestasi di tingkat Provinsi, SMAN 1 Durenan Wakili Jawa Timur di Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Dunia pendidikan Kabupaten patut berbangga hati, pasalnya salah satu SMA terbaik di Trenggalek menjadi satu-satunya wakil dari Provinsi Jawa Timur dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional, Kamis (26/7).  Sekolah itu adalah SMAN 1 Durenan, penilaian lomba dilaksanakan selama 2 hari yakni dari 25 sampai 26 Juli 2018.

 

Setibanya di Trenggalek, Tim gabungan penilai lomba sekolah dari nasional ini langsung disambut oleh Plt.Sekda Trenggalek Drs.Kusprigianto, MM di paringgitan.  Usai dari paringgitan tim bergeser menuju lokasi penilaian pertama di Sekreatriat Tetap (Sektap) yang berada di depan lapangan Pandean dan dilanjutkan menuju SMAN 1 Durenan.

 

Satu persatu titik yang ada di sekolah ini dipantau oleh tim penilai tanpa terkecuali untuk memastikan seberapa jauh Usaha Kesehatan Nasional (UKS) telah berjalan dengan optimal.  Termasuk di antaranya kantin sekolah, toilet, ketersediaan alat penunjang kebersihan, ruang kelas, dan ruang guru juga tidak luput dari pantauan tim penilai.

 

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Durenan Budianto, M.Pd, yang berhasil dikonfirmasi menuturkan bahwa keberhasilan sekolah yang dikomandoi olehnya tidak diperoleh secara instan. Ia mengatakan titik berat yang diterapkan kepada siswa adalah membangun kebiasaan sehat dari hal kecil misalnya kebiasaan mencuci tangan.  Dengan usaha dan kerja keras secara bersama-sama SMA 1 Durenan berhasil memperoleh prestasi Juara 1 lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Jawa Timur pada Desember 2017 lalu sehingga kini berhak mewakilinya kembali ditingkat nasional.

 

Ia mengatakan beberapa instrumen pendukung UKS telah dipersiapkan olehnya supaya Juara 1 Nasional bisa kembali di genggam seperti ditingkat provinsi yang lalu.

 

"Instrumen sarana dan prasarana, kemampuan anak-anak untuk mengetahui tentang UKS, termasuk guru harus juga menguasi UKS, kerjasama antara sekolah dengan puskesmas atau lintas sektoral.  Alhamdulilah masyarakat disini juga saling mendukung" jelasnya.

 

Lebih lanjut ia menaruh harapan besar SMAN 1 Durenan bisa menyabet juara 1 tingkat nasional sehingga sekolah di Trenggalek bisa membuktikan mencetak karakter generasi sehat secara berkelanjutan.

 

"Doanya saja mudah-mudahan untuk lomba sekolah sehat ditingkat nasional ini bisa juara, dan sekarang kita dipercaya oleh provinsi sebagai satu-satunya SMA di Jawa Timur yang mewakili lomba sehat ditingkat nasional," tutupnya. Diskominfo Trenggalek