Wabup Syah Natanegara Terima Kunjungan Tim ARuPA dan USAID Bijak

berita

19 April 2021

2238
Wabup Syah Natanegara Terima Kunjungan Tim ARuPA dan USAID Bijak

Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara bersama Sekretaris Daerah, Ir. Joko Irianto, M.Si menerima kunjungan Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA) dan USAID Bijak, Kamis (8/4/2021).

Dalam pertemuan tersebut, ARuPA melaporkan kepada Wakil Bupati Trenggalek terkait perkembangan kegiatan pendampingan KEE Pantai Taman Kili Kili di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul.

Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan bersama lembaga ARuPA Yogyakarta dengan dukungan dari USAID-
Bijak guna memberikan dukungan kepada Pemkab Trenggalek dalam menginisiasi dibentuknya Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Pantai Taman Kili Kili.
.
Direktur Eksekutif ARuPA, Edi Suprapto memaparkan terkait latar belakang dilaksanakannya program pendampingan KEE di Kabupaten Trenggalek. Edi Suprapto menjelaskan keberadaan area pendaratan penyu sebagai spesies dilindungi di Pantai Taman Kili Kili.

Edi menyebut dengan peran area pendaratan penyu tersebut maka kawasan ini masuk kedalam area bernilai konservasi tinggi (ABKT). Sehingga diperlukan perlakuan khusus diantaranya dengan menjadikan kawasan tersebut sebagai KEE.

Hayu Wibawa selaku perwakilan USAID- Bijak mengatakan hal yang sama. Ia menambahkan bahwa dengan dibentuknya KEE di Pantai Taman Kili Kili, maka diperlukan penguatan dari sisi kelembagaan pengelola KEE.

Dimana sebagian besar anggota pengelolanya terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek. Selain penguatan dari sisi kelembagaan,
penguatan lainnya dilakukan dalam bentuk penyusunan dokumen pengelolaan rencana aksi KEE Pantai Taman Kili Kili 2021-2025.

Sementara itu, Wakil Bupati Trenggalek, M. Syah Natanegara menyambut baik adanya dukungan USAID Bijak dan ARuPA terhadap keberadaan KEE Pantai Taman Kili-Kili.

Wakil Bupati muda ini turut mengharapkan adanya kelanjutan program untuk mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam menjalankan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan KEE Pantai Taman Kili Kili.

Menurut Wabup Syah, upaya ini selaras dengan komitmen Pemkab Trenggalek dalam menjaga kelestarian ekosistem sebagaimana visi kerja Bupati Trenggalek yaitu MEROKET, Maju ekonomi rakyatnya, Orangnya/Organisasinya kreatif; Ekosistemnya terjaga. Diskominfo Trenggalek