10 PESERTA DENGAN GAGASAN TERBAIK BERSAING DI TAHAP PRESENTASI FESTIVAL GAGASAN 2020

berita

03 March 2020

558
10 PESERTA DENGAN GAGASAN TERBAIK BERSAING DI TAHAP PRESENTASI FESTIVAL GAGASAN 2020

Tahap Presentasi Festival Gagasan Rakyat Trenggalek Tahun 2020 resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda, Ir.Agung Sujatmiko, M.Si di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Rabu (26/2). Sejak diluncurkan oleh Bupati Trenggalek pada Januari lalu, ada 116 gagasan yang masuk kepada tim kurator dan telah mengerucut menjadi 10 peserta dengan gagasan terpilih yang lolos seleksi maju ikuti tahap presentasi dihadapan panelis.

Dengan mengangkat tema "Pengembangan Ekonomi Rakyat Terintegrasi" yang terbagi menjadi beberapa isu seperti pertanian, kebudayaan, ekonomi desa, dan lingkungan, dari 10 gagasan ini nantinya akan dipilih kembali menjadi 5 gagasan pemenang yang akan diterjemahkan ke dalam perencanaan pembangunan RKPD 2021.

Asisten II Sekda, Ir.Agung Sujatmiko, M.Si yang membuka Festival Gagasan menyambut dengan positif digelarnya festival yang mengajak partisipasi masyarakat untuk urun ide demi memajukan Kabupaten Trenggalek kali ini. Asda Agung juga menuturkan bahwa festival ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat yang tidak bisa terlepas dari 3 hal, yakni rencana pembangunan yang tertuang pada RPJMD, ide gagasan, dan partisipasi masyarakat. "Festival gagasan tidak bisa terlepas dari 3 hal yang harus kita ingat kembali, yakni RPJMD 2016-2021 dimana dalam RPJMD itu jelas terwujudnya Kabupaten Trenggalek yang maju. Yang kedua kalau bicara perencanaan juga tidak terlepas dari ide gagasan perencanaan karena dalam aturan proses perencanaan tidak mungkin perencanaan itu bicara top down saja, pasti juga bicara bottom up juga. Dan di perencanaan sudah di isyaratkan partisipasi masyarakat adalah mutlak, suatu keniscayaan jika perencanaan pembangunan tanpa melibatkan masyarakat," tutur Asda II Agung Sujatmiko dalam sambutannya.

"Yang ketiga tidak mungkin pembangunan tanpa ada partisipasi masyarakat, tidak mungkin, kalau kita bicara birokrasi kita berapa, masyarakat kita berapa, jauh perbandingannya. Maka pembangunan tidak terlepas dari partisipasi masyarakat. 3 hal itulah yang mungkin mendasari Festival Gagasan," imbuhnya melengkapi.
Sementara itu, Ketua Panitia Festival Gagasan Tahun 2020, Suripto, S.Ag, M.Pd.I mengatakan bahwa ide Festival Gagasan kali ini dilandasi filosofi Vox Populi Vox Dei atau Suara Rakyat ibarat Suara Tuhan, sehingga inti dari demokrasi sendiri adalah adanya partisipasi. Sehingga hadirnya festival gagasan ini merupakan bagian dari partisipasi untuk mengisi ruang-ruang kosong yang ingin disampaikan oleh masyarakat yang mungkin belum terwadahi dalam forum-forum resmi lainnya.
Ditambahkan oleh Suripto, dalam penyusunan festival ini dengan melihat ada 116 gagasan yang masuk menggambarkan harapan dan antusiasme masyarakat sangat luar biasa demi memberikan sumbangsih gagasan atau pun pemikirannya untuk mewujudkan Trenggalek yang semakin Meroket. Diskominfo Trenggalek