131 Kades Terpilih dilantik Wakil Bupati Trenggalek

berita

22 April 2019

1650
131 Kades Terpilih dilantik Wakil Bupati Trenggalek

Gembira dan haru, begitulah terlihat di wajah para Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak periode 2019-2025. Pasalnya hari ini sebanyak 131 Kepala Desa terpilih se-Kabupaten Trenggalek dan satu Penjabat Kepala Desa Ngglinggis Kecamatan Tugu dilantik dan diambil sumpah/janjinya oleh Wakil Bupati Trenggalek yang juga merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin. Jumat (19/08)

Disaksikan Sekda Trenggalek Ir. Joko Irianto bersama Jajaran Fokorpimda, OPD terkait serta para pendamping Kades, upacara pelantikan yang digelar di Pendhopo Manggala Praja Nugraha tersebut berlangsung dengan hikmat. 

Pelantikan para Kades yang diambil sumpah/janjinya ini ditandai dengan penyematan tanda jabatan oleh Plt. Bupati Trenggalek kepada tiga perwakilan yang diikuti seluruh para Kepala Desa. Pada kesempatan ini Plt. Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) satu persatu kepada seluruh Kades yang mendapatkan mandat baru sebagai Kepada Desa terpilih.

Mengawali amanatnya, Plt. Bupati Trenggalek H. Moch Nur Arifin menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya para Kepada Desa yang baru dilantik. Tak lupa pula beliau juga mengucapkan terimakasih pada Kepala Desa yang sudah purna tugas yang telah mengabdikan dan berdedikasi dalam enam tahun terakhir untuk Kabupaten Trenggalek

"Saya ucapkan semangat, karena apapun menjaga amanah dan sumpah itu paling berat". Ucap Plt. Bupati.

Lebih lanjut Plt. Bupati muda ini berpesan pada seluruh Kades yang baru dilantik supaya membentuk sebuah asosiasi untuk mempermudah dalam hal berkomunikasi. Beliau ingin dalam setahun ini diadakan pertemuan minimal dua kali untuk mensinkronkan program-program dari Pemerintah Daerah. 

Disampaikan beliau juga, Pemerintah Kabupaten Trenggalek saat ini fokus dalam penanggulangan pengentasan kemiskinan. Beliau meminta diseluruh desa nantinya dibentuk pos pelayanan tentang masalah kemiskinan.

"Kalau dikabupaten ada Posko Gerak, saya minta didesa ada Pos Pelayanan Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan. Nanti segala sesuatunya kita singkronkan". Tutur Plt. Bupati dihadapan para Kades yang baru dilantik.

Beliau juga menyampaikan kepada para Kades terpilih bahwa tahun ini akan ada Adipura Desa yang digelar oleh Pemkab Trenggalek, dimana nantinya Desa terbaik akan mendapatkan 300 s/d 500 juta yang berupa bantuan keuangan khusus Desa.

"Jadi kalau ingin viskal didesanya nambah, maka sambut itu adipura desa. Semua inovasi terkait dengan kebersihan pelayanan kesehatan, pengolahan sampah itu nanti masuk". Ucap beliau.

Tidak hanya itu, Plt. Bupati menambahkan selain adipura desa beliau juga mengkhususkan peluang bantuan khusus desa untuk para Bumdes yang aktif di Desa pada kegiatan produktif melalui desa wisata maupun melalui inovasi-inovasi bisnis lainnya.

"Kemudian lomba Sutranwold terkait inovasi desa, saya tunggu inovasi dari Desa. Jadi setelah dilantik saya harap kalian semua sudah punya bayangan bagaimana akan bekerja. Dalam waktu dekat saya akan undang semua desa terlantik dan dalam waktu dekat saya akan memulai lagi keliling menginap didesa-desa sehingga saya minta dukungannya tancap gas untuk melayani masyarakat". Tutur Plt. Bupati

"Saya doakan semoga bapak ibu sekalian selalu terus dicintai oleh masyarakatnya, selalu mengemban amanah dengan baik dan yang terpenting ketika dilantik dalam keadaan baik, ketika purnapun juga dalam keadaan baik. Artinya saya tidak ingin ada Kepala Desa tersangkut masalah hukum". Imbuh Plt. Bupati mengakhiri sambutannya. Diskominfo Trenggalek