260 CPNS Terima SK, Wabup Syah Pesan Berikan Pengamdian Terbaik Untuk Masyarakat

berita

31 March 2022

471
260 CPNS Terima SK, Wabup Syah Pesan Berikan Pengamdian Terbaik Untuk Masyarakat

260 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima Surat Keputusan (SK) di Pendhapa Manggala Praja Nugraha.

Seluruh CPNS baru ini merupakan hasil seleksi penerimaan CPNS Tahun 2021 sebanyak 244 orang, dan 16 orang lainnya berasal dari jalur ikatan dinas Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. CPNS formasi seleksi Tahun 2021 akan aktif bekerja mulai 1 April 2022, sedangkan dari jalur Ikatan Dinas sudah mulai aktif dari 1 Maret 2022 bulan ini.

Menyerahkan SK CPNS 2021, Wakil Bupati Trenggalek Syah Muhamad Natanegara berikan pesan agar mengutamakan pengabdian terbaik untuk masyarakat.

Menurut Wabup Syah, proses CPNS menjadi PNS bisa dikatakan tinggal selangkah, untuk itu calon abdi negara ini diharapkan dapat membuktikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat.

Berbeda dengan jabatan Kepala Daerah yang hanya dibatasi 2 periode saja, PNS bisa mengabdikan diri hingga puluhan tahun sampai batas usia pensiun asalkan tidak melanggar peraturan yang ada.

"Artinya CPNS yang nantinya akan menjadi PNS mempunyai tanggungjawab yang lebih besar daripada kepala daerah," tegas Wakil Bupati Trenggalek.

Mantan anggota DPRD ini juga mengingatkan bagi CPNS baru terus berhati-hari dan waspada terhadap hasutan yang bertentangan dengan norma aturan pegawai negeri sipil.

"Makanya saya minta kepada seluruh CPNS ini untuk berkomitmen, berintegritas dan bertanggungjawab penuh. Memiliki disiplin dan punya etos kerja yang tinggi. Kemudian tahu posisi, juga peran instansi yang menaungi," tegasnya.

Wabup juga mengajak agar CPNS baru tersebut dapat bekerja sebagai teamwork. Caranya dengan bekerjasama, loyalitas, terus mengasah kemampuan, serta membangun komunikasi yang baik dengan senior.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Trenggalek, Eko Juniati menjelaskan, pengadaan CPNS formasi tahun 2021 dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Pada tahap seleksi administrasi terdapat 2.912 pendaftar dan yang lolos tinggal 2.625 orang.

Kemudian pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dari 3.625, lulus 611 orang hingga hasil akhir Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang menyisakan 244 orang.

Dengan persetujuan penetapan NIP dari BKN maka peserta yang lulus seleksi CPNS dan PKN STAN itu dapat diangkat menjadi CPNS. Diskominfo Trenggalek