Advokasi Rencana Tindak Lanjut

pemerintahan

16 March 2021

54
Advokasi Rencana Tindak Lanjut

Sepeda Keren: Forum Anak Desa

Forum Anak Desa yang digagas oleh mentor Sepeda Keren Kecamatan Panggul bertujuan mewujudkan desa ramah anak. Tiga desa di Kecamatan Panggul yang menggagas forum ini yaitu Desa Manggis, Ngrencak, dan Besuki.

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Trenggalek, Ibu Novita Hardini, Dinas Sosial Kabupaten Trenggalek, Sekretaris Kecamatan Panggul, Ketua TP-PKK Kecamatan, Kepala Desa Ngrencak, Kepala Desa Manggis, Kepala Desa Besuki, seluruh Ketua TP-PKK desa se-Kecamatan Panggul, mentor sepeda keren, dan kader Forum Anak Desa (FAD).

Dalam kegiatan advokasi pada hari Senin, 15 Maret 2021 yang bertempat di Aula Taman Kili-Kili ini menegaskan pentingnya Sekolah Perempuan untuk mewadahi segala kebutuhan perempuan baik gagasan, usulan, maupun suara sehingga perempuan tidak terpinggirkan, diremehkan dan dipandang sebelah mata.

Dalam diskusi di kegiatan ini Ibu Novita Hardini mengungkapkan di pandemi ini semua menjadi kelompok rentan. Kerentanan tersebut meluas tidak memandang status sosial. Pentingnya perubahan paradigma, perempuan menjadi penolong bagi perempuan yang lain.

Kemiskinan tidak hanya berwajah nominal rupiah, tetapi meliputi kemiskinan yang luas maknanya seperti pengetahuan, partisipasi, sanitasi, dan perlindungan. Ketua TP-PKK Kabupaten Trenggalek menegaskan Perempuan lahir di taruh di belakang sudah tidak cocok lagi. Cita-cita kita adalah menjadi manusia bermanfaat. Perempuan adalah madrasah pertama dalam keluarga. Pengentasan kemiskinan dimulai dari perempuan.

Dari 14 desa yang belum dibentuk Sepeda Keren dan Forum Anak Desa (FAD) diharapkan dapat segera dibentuk dan mendapat dukungan baik dari pemerintah desa maupun masyarakat. Sumber kec-panggul.trenggalekkab.go.id