Evaluasi Indeks SPBE Tahun 2023

berita

29 February 2024

654
Evaluasi Indeks SPBE Tahun 2023

Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Trenggalek Tahun 2023 yang ditetapkan melalui Keputusan Menpan-RB Nomor 13 Tahun 2024 melebihi ekspektasi. Bagaimana tidak, dari nilai yang awalnya 2,55 dengan Predikat Cukup di Tahun 2022 meningkat menjadi 4,21 dengan Predikat Memuaskan di Tahun 2023. Dimana Predikat Memuaskan merupakan level tertinggi dalam Penilaian SPBE.

Untuk mempertahankan predikat tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan Evaluasi Indeks SPBE Tahun 2023 bertempat di Smart Center, Senin, 19 Februari 2024. Agar lebih objektif, kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah pengampu indikator SPBE ini, juga menggandeng narasumber dari Digitama Konsultan Yogyakarta.

Kepala Dinas Kominfo Kab. Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos., M.Si, pada kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh anggota tim yang telah bekerja keras dalam meningkatan indeks SPBE. Selain mempertahankan nilai, Kepala Dinas Kominfo juga memotivasi seluruh anggota  untuk memantaskan diri dengan nilai indeks yang telah bagus tersebut. “Memantaskan disini tentunya tergambar dengan peningkatan layanan ke masyarakat”, ujarnya.

 


Senada dengan Kepala Dinas Kominfo, Narasumber dari Digitama Konsultan Yogyakarta, Pradiptya Setyahadi juga menekankan SPBE Kabupaten Trenggalek yang lebih berdampak. “Selain mengejar nilai yang bagus, tentunya SPBE ini juga diharapkan berdampak langsung ke masyarakat. Misalnya dengan mengintegrasikan layanan sehingga lebih cepat dan mudah”, lanjutnya.

Berdasarkan pemetaan dari Tim Digitama, ada beberapa area yang masih bisa dioptimalkan untuk penilaian selanjutnya. Pada domain tata kelola bisa dengan melakukan reviu pada Arsitektur dan Peta Rencana SPBE serta memperbaiki peta proses bisnis. Pada domain manajemen bisa lebih dioptimalkan dengan menerapkan manajemen SPBE pada seluruh perangkat daerah. Adapun untuk domain layanan bisa dioptimalkan dengan mengintegrasikan seluruh aplikasi yang ada di Pemkab Trenggalek. Diskominfo Trenggalek