Apel Serpas Pemilu 2019 di ikuti Unsur TNI, Polri, dan Linmas

berita

15 April 2019

2405
Apel Serpas Pemilu 2019 di ikuti Unsur TNI, Polri, dan Linmas

Puncak Pelaksanaan Pemilihan Umum yang segera digelar dalam 3 hari kedepan, Polres Trenggalek adakan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Tempat Pemungutan Suara di Alun-alun Trenggalek, Minggu (14/7). 

Mengawali pelaksanaan apel, Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo, Sekda Trenggalek Ir.Joko Irianto, M.Si, dan Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos memeriksa pasukan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan Linmas. 

Pada kesempatan itu Kapolres Trenggalek AKBP Didit BWS mengamanatkan bahwa kegiatan pengamanan TPS yang sudah dikoordinasikan dengan pimpinan KPU, tepat pada tanggal 14 untuk ketentuan pergeseran material logistik Pemilu terdiri dari kotak suara, bilik, dan surat suara beserta kelengkapan lainnya pada hari ini sudah harus bergeser. Pergeseran dimulai dari tingkat KPU kemudian nanti Kecamatan, Kelurahan, sampai dengan seterusnya. 

"Pada hari ini kita kawal material logistik tersebut dengan kita koordinasikan ke KPU apakah kelengkapan material logistik sudah sesuai dengan jumlah yang sudah di tentukan untuk di geser ke TPS," terang Kapolres Trenggalek.

Disamping hal tersebut Kapolres Trenggalek juga menuturkan kepada seluruh peserta apel bahwa nantinya mereka akan melakukan pengamanan TPS sesuai dengan norma atau aturan. Dimana batasan-batasan posisi untuk aparat keamanan termasuk linmas dan sebagainya, aparat keamanan bisa masuk ke dalam TPS atau areal TPS apabila diminta oleh petugas Pemilu yang berada di TPS. Ditambahkan, 475 personil telah disiapkan Polres Trenggalek untuk mengamankan jalannya Pemilu 2019 di wilayah hukum Polres Trenggalek.

"Jadi tugasnya aparat keamanan adalah melakukan pengamanan material logistik dan mengawak material logistik sebelum kegiatan sampai dengan sesuda kegiatan," terangnya.

Lebih lanjut, juga dijelaskan mengenai estimasi waktu bagi seorang pemilih minimal 2 sampai 5 menit ditiap TPS. Di wilayah Trenggalek jumlah TPS yang akan diamankan sebanyak 2513 TPS. Dikarenakan terdapat juga Pileg dan Pilpres yang waktunya bersamaan, estimasi waktu dimungkinan sampai menjelang jam 3 sore pada saat kegiatan.

"Kenali area yang di amankan, mulai dari karakteristik wilayah daerah bagaimana disitu mengenai gangguan kamtibmasnya, potensi konfliknya," imbuhnya menutup.

Sementara itu Dandim 0806 Trenggalek Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos dalam arahannya menyatakan seluruh jajaran Kodim 0806 siap mendukung penuh dalam rangka menciptakan kondusifitas keamanan, ketentraman, dan ketertiban di wilayah Kabupaten Trenggalek dalam rangka Pemilu 2019. Dandim mengatakan jajaran TNI dari Kodim 0806 yang diturunkan untuk pengamanan Pemilu 2019 sebanyak 265 personil.

"Mari kita sama-sama melaksanakan kegiatan ataupun tugas mulia ini dengan baik, saling bersinergi, saling berkoordinasi dalam rangka menjaga ketentraman, dan kondusifitas di wilayah Trenggalek," ungkap Dandim 0806. Diskominfo Trenggalek