Awali Peringatan Hari Kemerdekaan ke-73, Disparbud Gelar Lomba Lukis bagi Pelajar Sekolah

berita

24 July 2018

1450
Awali Peringatan Hari Kemerdekaan ke-73, Disparbud Gelar Lomba Lukis bagi Pelajar Sekolah

Mengawali rangkaian kegiatan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek selenggarakan lomba lukis bagi pelajar sekolah di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Senin (23/7).  Pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA diadu kreatifitasnya dengan menyesuaikan tingkatan sekolah masing-masing untuk berlomba menciptakan kreasi seni lukis yang dapat mengharumkan nama sekolah yang diwakili pada tingkat Kabupaten.

 

Dalam kompetisi bertajuk "objek wisata dan hari kemerdekaan" tersebut para pelajar diberikan ke­sem­pa­­tan berkreasi menuangkan ima­ji­na­sinya dalam goresan crayon dan pastel pada selembar kertas.  sedikitnya ada 36 siswa dari tingkat SD yang berpartisipasi pada lomba ini, sementara itu untuk tingkat SMP ada sebanyak 12 siswa dan SMA sebanyak 28 siswa.

 

Dalam tempo waktu kurang dari 4 jam, mereka dituntut untuk bisa menciptakan karya 2 dimensi yang mewakili ungkapan perasaan, penuangan ide/imajinasi dengan tema yang telah ditentukan.  Untuk siswa SD tema lukisan harus menggambarkan tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek, sedangkan tingkat SMP bertemakan kesenian tradisional, dan tingkat SMA menggambarkan tema poster perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Salah seorang panitia lomba lukis, Joko Purwito, S.pt, selaku Kasi. Pelatihan dan Pengembangan Kesenian pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Trenggalek  menjelaskan bahwa lomba lukis rutin digelar setiap tahunnya untuk menjaring siswa berbakat dibidang seni lukis dengan harapan dapat mewakili Trenggalek jika terdapat perlombaan ditingkat yang lebih tinggi.

 

"Lomba ini untuk mendorong kreatifitas anak-anak SD, SMP, SMA.  Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme karena pada saat ini kan sedang memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73," ungkapnya.

 

Disamping mengasah kreatifitas, ia juga mengharapkan agar momen ini dapat menjadi titik pengingat akan beratnya perjuangan pahlawan bangsa yang dengan ikhlas mempertaruhkan jiwa raga demi memperoleh kemerdekaan.  Oleh karena itu kita sebagai penerus bangsa diharapkan dapat mengisi kemerdekaan tersebut dengan prestasi di berbagai bidang yang digeluti khususnya seni lukis bagi siswa sekolah. Diskominfo Trenggalek