BERBAGI SESAMA, KETUA TP PKK NOVITA HARDINI SERAHKAN BANTUAN KEPADA NENEK LAMISAH

berita

10 May 2020

1844
BERBAGI SESAMA, KETUA TP PKK NOVITA HARDINI SERAHKAN BANTUAN KEPADA NENEK LAMISAH

Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek kembali bergerak membantu sesama disela kegiatan 10 rencana aksi Gerakan Berjarak. Didampingi anggotanya, Ketua TP PKK Trenggalek Novita hardini menyerahkan bantuan kepada Nenek Lamisah, warga lansia pra sejahtera yang tinggal di Desa Ngulankulon Kecamatan Pogalan, Sabtu (9/5).

Terlihat masih begitu sehat, Nenek Lamisah yang diperkirakan sudah berusia 90 tahun ini tinggal sendirian dirumahnya yang sederhana. Dahulu Nenek Lamisah memiliki 3 orang anak, namun kini hanya tersisa 2 orang anaknya yang saat ini juga tinggal berjauhan dari rumah nenek lanjut usia ini.

Yahmin (62), anak kedua Nenek Lamisah menuturkan hal serupa, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari biasanya anak maupun tetangga sekitar membantu mengirimkan makanan untuk sang nenek. Selain itu, Yahmin yang juga berpenghasilan tidak tetap membuatnya hanya bisa membantu memberikan sedikit uang untuk Nenek Lamisah. Untuk menerangi rumahnya pun, Nenek Lamisah hanya mengandalkan uluran tangan lingkungan sekitar yang membantu mengalirkan listrik seadanya.

Melihat kondisi warganya yang hidup dengan kondisi tempat tinggal memprihatinkan ini, Novita Hardini memberikan sejumlah bantuan yang digalang dari PKK bergerak bersama.

"Hari ini di Desa Ngulankulon di Kecamatan Pogalan saya memberikan bantuan sosial kepada Mbah Lamisah yang seperti kita lihat bersama kondisi rumahnya juga sangat memprihatinkan," tuturnya.

Novita mengatakan dimasa pandemi seperti ini Nenek Lamisah juga sudah tersentuh bantuan dari Pemerintah berupa Kartu Penyangga Ekonomi.

"Jadi ya semoga bantuan yang kami salurkan ini betul-betul bisa bermanfaat untuk si mbah, sehingga Mbah juga mempunyai motivasi semangat hidup yang lebih baik. Kan tugas kami juga mengingatkan para Kepala Desa, satgas yang bertugas terus mendata agar tidak ada satupun warga yang terlewatkan mendapatkan bantuan sosial," ungkapnya.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Kepala Desa Ngulankulon Rincana Yuliadi membenarkan bahwasanya sang nenek dulunya pernah mendapatkan bantuan berupa PKH satu kali. Dan saat ini disamping dibantu oleh lingkungan sekitar, Nenek Lamisah juga telah mendapatkan bantuan KPE yang sudah diterimakan minggu kemarin. Namun dirinya mengatakan kedepan akan kembali mengajukan bantuan untuk Nenek Lamisah melalui program Gertak yang dikelola Pemkab Trenggalek bersama Baznas. Diskominfo Trenggalek