PEMKAB TRENGGALEK KEMBALI UMUMKAN TERDAPAT 1 LAGI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, PASIEN 03 TRENGGALEK

berita

10 May 2020

1733
PEMKAB TRENGGALEK KEMBALI UMUMKAN TERDAPAT 1 LAGI PASIEN TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, PASIEN 03 TRENGGALEK

Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali mengumumkan terdapat 1 lagi pasien tekonfirmasi positif di Kabupaten Trenggalek tepatnya di Desa Karangsoko, Kecamatan Trenggalek yang selanjutnya disebut dengan Pasien 03 Trenggalek, Jumat (8/5).

Bupati Trenggalek Mochmad Nur Arifin mengumumkan pasien 03 Trenggalek merupakan laki-laki berusia 54 tahun. Diketahui pasien 03 memiliki riwayat perjalanan atau indikasi resiko sebagai berikut. Pada 28 Februari anak kedua dari Pasien 03 pulang dari Surabaya, sedangkan pada 23 Maret anak pertama Pasien 03 pulang dari Malaysia.

Selanjutnya pada17 - 22 April 2020 pasien 03 mendapatkan perawatan di RSUD Soedomo dengan keluhan sesak nafas, Ileus (sumbatan pada usus), pneumoni, dan TBC. Lantas pada 23 April 2020 dirujuk menuju RSUD Dr. Iskak dan langsung dilakukan swab test.

Pada 28 April 2020 pasien 03 dinyatakan sembuh dan keluar dari RSUD dr. Iskak dan berstatus PDP menjalani isolasi dirumah. Namun pada 8 Mei setelah melalui tahapan swab test akhirnya pasien 03 dinyatakan terkonfirmasi positif covid.

Sebelum dinyatakan positif, ada beberapa kontak erat yang diperiksa dari pasien 03 sebanyak 14 orang. Yaitu keluarga dalam satu rumah sebanyak 7 orang yang terdiri dari istri, 3 anak, 1 menantu, dan 2 orang cucu.

Sedangkan keluarga pengemudi ada 7 orang yakni sopir, ibu sopir, ayah, kakak perempuan, keponakan, suami kakak perempuan sopir, dan anak dari kakak perempuannya yang hasilnya semua dinyatakan negatif.

Saat ini kondisi pasien 03 dinyatakan sehat dan sejak Tanggal 28 April 2020 yang lalu sudah keluar dari rumah sakit dan melakukan isolasi dirumah.

Untuk selanjutnya Pemkab Trenggalek mengambil beberapa langkah seperti berikut. Menerapkan isolasi di rumah bagi pasien 03, dikarenakan sejak tanggal 28 April 2020 sudah isolasi mandiri dirumah bagi pasien 03 sejak dinyatakan sembuh dari RSUD dr. Iskak.

Isolasi mandiri dirumah bagi OTG, 7 anggota keluarga dan 7 anggota sopir yang mengantarkan. Senin, 11 Mei akan dilakukan swab kedua bagi pasien 03. Selanjutnya menetapkan kawasan displin physical distancing di lokasi sekitar titik isolasi mandiri pasien positif dan OTG.

Langkah selanjutnya berupa melakukan tracing terhadap kontak erat dengan pasien 03 ,salah satunya anak pasien 03 yang pulang dari Malaysia dimana yang bersangkutan sempat berkunjung ke Karangsoko semalam. Kemudian melakukan isolasi mandiri di Panggul, hingga kemudian kembali Karangsoko dalam rangka menjenguk ayahnya yang sedang sakit.

Berikutnya Bupati menunjuk Camat Trenggalek "penghubung khusus" guna memantau kesehatan dan kebutuhan pasien 03 dan OTG pasien 03 serta bantuan sosial bagi KK yang terdampak penetapan zona physical distancing. Dan juga melakukan disinfeksi berkala serta pembagian masker disekitar kawasan physical distancing.

Disaat yang sama Bupati juga melaporkan perkembangan Pasien 02 yang melakukan isolasi di Rumah Sakit. Dimana dari hasil swab ke 2 dinyatakan masih positif, dan swab ketiga dinyatakan sudah negatif. Maka daripada itu masih akan dilakukan 1 kali lagi pemeriksaan swab (swab ke 4) guna memastikan pasien 02 apakah benar benar bisa dinyatakan negatif dan sembuh. Diskominfo Trenggalek