Berkomitmen Majukan UMKM di Daerahnya, Bupati Trenggalek Terima Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Kemenkop UKM RI

prestasi

16 August 2022

347
Berkomitmen Majukan UMKM di Daerahnya, Bupati Trenggalek Terima Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Kemenkop UKM RI

Berkomitmen mendukung kemajuan UMKM di daerahnya, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menerima Penghargaan Bhakti Koperasi dan UMKM dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki kepada Bupati Nur Arifin bertepatan dengan peringatan Hari Nasional UMKM Tahun 2022 di Pelataran Cihampelas Walk Kota Bandung, Jumat (12/8/2022).

Berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 43 Tahun 2022, penghargaan tersebut diberikan atas jasa dan dharmabakti Bupati Nur Arifin terhadap kemajuan UMKM di Kabupaten Trenggalek.

 


 

Menerima penghargaan ini, Bupati Nur Arifin menuturkan ,"Hari ini menteri koperasi memberikan penghargaan kepada seluruh insan yang men-support UMKM di Hari Koperasi Nasional dan UKM," tuturnya.

Pemimpin muda ini menyebut, "Alhamdulilah di Jawa Timur Ibu Gubernur,dan kemudian dari Kabupaten Bupati Trenggalek, kemudian Kepala Dinas Koperasi dan pelaku UMKM dari Kabupaten Kediri," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menegaskan penghargaan ini adalah untuk masyarakat Trenggalek. "Saya hanya mewakili untuk menerima. Karena selama pandemi nilai investasi di sektor UMKM meningkat bahkan tiga kali lipat.

 


 

Lebih lanjut, Kemudian kita juga mendorong upaya-upaya termasuk tahun kemarin sudah tercapai 5000 lebih pengusaha perempuan yang pada tahun ini juga dilanjutkan dengan boothcamp dan lain sebagainya.

Termasuk Ibu Ketua Tim Penggerak PKK dan juga Dekranasda juga terus mensuport UMKM perempuan dengan organisasi yang dijalankan

"Jadi ini adalah salah satu apresiasi bahwa memang ekonomi kita 97 persen lapangan pekerjaan tercipta di UMKM dan juga berkontribusi 61 persen terhadap ekonomi nasional.Jadi kita akan terus melanjutkan kerja-kerja kepada Umkm," terang Mas Ipin.

"Harapannya tetap semangat dan kita berjuang bersama-sama untuk mengangkat ekonomi Trenggalek khususnya," pungkasnya.

 


 

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki mengatakan adopsi teknologi dan inovasi digital berpotensi terhadap peningkatan ketahanan dan produktivitas UMKM di Indonesia.

Potensi ekonomi digital diharapkan oleh Menteri Kabinet Indonesia Maju ini dapat disambut oleh seluruh stakeholder di daerah untuk pengembangan ekonomi digital melalui sektor UMKM sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Diskominfo Trenggalek