Buka Muskab Kadin V, Bupati Nur Arifin Berharap Kadin Bisa Mitra Strategis Pemerintah Di Sektor Ekonomi

berita

09 April 2021

2051
Buka Muskab Kadin V, Bupati Nur Arifin Berharap Kadin Bisa Mitra Strategis Pemerintah Di Sektor Ekonomi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Trenggalek menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke V Tahun 2021. Membuka forum musyawarah ini, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berharap Kadin bisa terus bersinergi sebagai mitra Pemerintah Daerah di sektor ekonomi, Kamis (8/4/2021).

Tahun ini musyawarah Kadin V Trenggalek turut dihadiri oleh Ketua Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto beserta pimpinan Kadin di Kabupaten/Kota tetangga di wilayah Jawa Timur.

Menurut Adik Dwi Putranto, sebagai mitra Pemerintah Kadin harus berperan membantu upaya pemulihan ekonomi.

Sehingga kedepan diharapkan Kadin mampu terus bersinergi bersama Pemerintah, serta memiliki tanggungjawab bersama dalam meningkatkan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru di masyarakat melalui sektor UMKM.

"Saya harap para pengurus nanti bisa bersinergi dengan baik dengan Pemerintah," ungkap Adik Dwi Putranto.

Senada dengan Ketua Kadin Jawa Timur, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menuturkan dengan sinergi yang baik di Kabupaten Trenggalek, diharapkan mampu menyumbangkan kontribusi yang lebih signifikan pada perekonomian Jawa Timur.

Dimana peran profesional Kadin juga bisa menjadi enabler atau pendorong bagi pengusaha lokal Trenggalek bertemu dengan partner swasta lain untuk menggerakkan geliat ekonomi.

Bupati Nur Arifin menjelaskan, di Kabupaten Trenggalek saat ini Pemerintah tengah fokus untuk meningkatkan kontribusi pendapatan pengusaha perempuan.

"Karena kalau berinvestasi ke perempuan maka jangka panjang dipastikan berinvestasi ke sumberdaya manusia," tuturnya.

Untuk itu Bupati muda ini berharap Kadin kedepan bisa ikut berperan memuluskan program strategis kabupaten. Disisi lain pria yang akrab disapa Mas Ipin ini juga menyebut ingin meningkatkan kemampuan fiskal Kabupaten Trenggalek melalui PAD dengan program lelang investasi.

Hal ini akan dilakukan melalui upaya mendorong iklim investasi dengan pusat pertumbuhan ekonomi baru.  Potensi tersebut juga diharapkan bisa terkoneksi dengan dukungan infrastruktur lain di wilayah lain. Sehingga diyakini Trenggalek kedepan mampu menjadi pusat perekonomian di Jawa Timur.  Diskominfo Trenggalek