Buka Sosialisasi SLIP-Desa, Pj. Sekda Trenggalek Ajak Manfaatkan Teknologi Informasi Untuk Optimalkan Pembangunan di Desa

inovasi

09 June 2022

215
Buka Sosialisasi SLIP-Desa, Pj. Sekda Trenggalek Ajak Manfaatkan Teknologi Informasi Untuk Optimalkan Pembangunan di Desa

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Dr. Andriyanto, SH, M.Kes mengajak segenap jajaran di Pemerintah Desa untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi guna optimalkan pembangunan di Desa.

Hal ini disampaikan Pj.Sekda saat membuka Sosialisasi Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) Desa berdasarkan Perki I Tahun 2018 di Aula Hotel Bukit Jaas Permai yang digelar Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek, Senin, (6/6/2022).

Kepada seluruh Kepala Desa yang hadir, Dr. Andriyanto menekankan di era society 5.0 saat ini dimana manusia dan teknologi akan hidup berdampingan dalam rangka meningkatkan kualitas taraf hidup manusia secara berkelanjutan.

 


 

Pesatnya Perkembangan Informasi dan teknologi telah merubah paradigma dalam perekonomian dunia yaitu beralihnya masyarakat industri menjadi masyarakat informasi, yang ditandai dengan meningkatnya peran informasi dalam kehidupan manusia.

Desa diharapkan olehnya dapat memanfaatkan momentum ini guna memajukan pembangunan di setiap sektor yang ada di Desa. Terlebih dengan cepatnya penyebarluasan informasi melalui media sosial, Pj. Sekda berharap agar desa dapat ikut berperan dalam memberikan informasi yang tepat kepada seluruh masyarakat.

Lebih lanjut, menurut Dosen Pasca Sarjana Unair ini, menyambut layanan informasi publik desa, Pemerintah Desa tidak bisa sendirian. Ada istilah Penta Helix, dimana sinergitas dan kolaborasi 5 elemen utama harus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pengembangan potensi desa dan kawasan pedesaan.

 


 

Maka konsep pentahelix atau multipihak dimana unsur Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu padu berkoordinasi serta berkomitmen untuk mengembangkan setiap potensi yang ada.

"Saya ingin desa kita semua dari good (baik) dapat menjadi great (luar biasa). Dengan mengoptimalkan penta helix untuk kemaslahatan masyarakat," tutur Pj. Sekda. Dikominfo Trenggalek