Bupati Emil Dardak Paparkan Inovasi Pelayanan Publik "GELAS MEMPESONA HATI"

berita

20 July 2018

1611
Bupati Emil Dardak Paparkan Inovasi Pelayanan Publik

Bupati Trenggalek, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc paparkan lomba inovasi pelayanan publik di Puskesmas Trenggalek "Gelas Mempesona Hati" di  depan Tim Panel Independen Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Jl. Sudirman Kav. 69 di Jakarta yang diketuai Prof. JB Kristiadi dengan anggota Tulus Abadi, Nurjaman Mochtar, Siti Zuhro, Eko Prasojo, Neneng Gunadi, Wawan Sobari, Suryo Pratomo pada Selasa 17 Juli 2018.

 

Dalam paparanya sekaligus tanya jawab selama 30 menit Emil Dardak menyampaikan bahwa Lanjut Usia (Lansia) adalah seseorang yang mencapai usia 60 tahun ke atas dengan permasalahan kesehatan yang kompleks yang dimiliki oleh lanjut usia, hendaknya lanjut usia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kesehatan. Kepedulian terhadap kesehatan yang rendah pada lanjut usia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit yang lebih berat, misalkan stroke, gagal jantung, gagal ginjal dan ganggren. Penanganan penyakit yang lebih berat ini membutuhkan biaya yang besar, sehingga dapat merugikan masyarakat maupun pemerintah.

 

Untuk itu Puskesmas Trenggalek menghadirkan program inovasi yang dibentuk sejak tahun 2016 untuk mengatasi permasalahan yang ada. Program inovasi ini terdapat 6 kegiatan yang tidak lepas dari fungsi Puskemas, yaitu promotif, preventif dan kuratif.

 

Program inovasi ini dilaksanakan secara bertahap, yang dimulai dari Gelas Perak (Gerakan Lansia Sehat Perluas Akses Layanan), Gelas Timah (Gerakan Lansia Sehat Tinjau ke Rumah),  Gelas Granit (Gerakan Lansia Sehat Gigi Bersih dan Rapi Kini hingga Nanti), Gelas Bezi (Gerakan Lansia Sehat Beri Layanan Gizi), Gelas Emas (Gerakan Lansia Sehat Energik, Mandiri, Aktif dan Semangat), Gelas Perunggu (Gerakan Lansia Sehat Persingkat Waktu Tunggu), tambah Bupati Emil dalam paparannya.

 

Dikonfirmasi seusai acara tersebut, Emil Dardak menyampaikan rasa bersyukur dan berbangga bahwa Inovasi “Gelas Mempesona Hati” dari Puskesmas Trenggalek terpilih sebagai Top 99 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan dan RB Tahun 2018. Inovasi ini menjadi sangat menarik dan berbeda karena sasarannya adalah para Lanjut Usia yang sebelumnya mungkin tidak menjadi hal prioritas dalam penanganan kesehatan. "Saya beserta Pemerintah Kabupaten Trenggalek mendukung baik secara aktif maupun pasif, agar inovasi ini dapat terus berlanjut dan  dikembangkan. Hal ini juga dapat menjadi motivasi untuk menumbuhkan inovasi pelayanan publik di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya yang menyelenggarakan pelayanan publik." pungkasnya. (Humas Trenggalek)