Bupati Nur Arifin Dampingi Mensos Risma Tinjau Potensi Kerawanan Bencana Tsunami di Kabupaten Trenggalek

berita

27 December 2021

318
Bupati Nur Arifin Dampingi Mensos Risma Tinjau Potensi Kerawanan Bencana Tsunami di Kabupaten Trenggalek

Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Risma Harini kunjungi Kabupaten Trenggalek untuk meninjau potensi kerawanan bencana Tsunami. Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Watulimo, Mensos RI didampingi oleh Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin bersama jajaran Forkopimda, Sabtu (25/12/2021).

"Jadi agenda yang pertama, beliau mengecek kerawanan Tsunami. Kemudian kita tadi menyepakati posisi tempat evakuasi aman dan kita punya solusi memasang rambu, kita juga pinginnya disana nanti ada lumbung pangan, termasuk dilengkapi ternak dan lain sebagainya. Sehingga apabila terjadi bencana sewaktu waktu meski kita tidak berharap," terang Bupati Arifin.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini juga mengatakan resiko bencana tsunami tersebut tentunya berpotensi beriringan dengan gempa yang bisa mengakibatkan suatu wilayah menjadi terisolir akibat longsor,untuk mengatasi hal ini Bupati ingin memastikan nantinya di tempat evakuasi kebutuhan pangan bisa tercukupi dengan baik.

Sedangkan untuk mendukung kesiapan logistik bencana, rencananya Desa Sawahan dan Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo akan dijadikan lumbung sosial (lumbung pangan). Walaupun bencana seperti ini sangat tidak diharapkan terjadi oleh seluruh masyarakat terutama penduduk yang tinggal di kawasan pesisir.

Usai meninjau potensi potensi kerawanan Tsunami, Menteri Sosial yang pernah menjabat Walikota Surabaya ini juga melihat langsung penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo dan Desa Melis di Kecamatan Gandusari.

Suami Novita Hardini ini menyebut," Bantuan ini ada bonus 2 bulan, November Desember sebenarnya untuk sembako. Ini sudah mulai kita salurkan. Tinggal yang cash, 2 bulan ini dipercepat, bu menteri membantu kita untuk berkomunikasi dengan pihak Bank untuk menyiapkan dananya," pungkasnya.

Dengan berbagai upaya dan kesiapan seperti ini, diharapkan resiko bencana alam yang bisa saja terjadi dapat diantisiapsi oleh seluruh pihak sehingga bisa meminimalisir timbulnya korban jiwa maupun kerugian lain yang ditimbulkan akibat bencana di Kabupaten Trenggalek. Diskominfo Trenggalek