Bupati Nur Arifin Resmi Lantik Edy Soepriyanto Sebagai Sekretaris Daerah Trenggalek

berita

29 September 2022

704
Bupati Nur Arifin Resmi Lantik Edy Soepriyanto Sebagai Sekretaris Daerah Trenggalek

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin resmi melantik Drs. Edy Soepriyanto menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Rabu (28/9/2022). Sebelum dilantik, Edy Soepriyanto menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda.

Dilantiknya Edy Soepriyanto sebagai Sekda sekaligus menjadikan terisinya kekosongan jabatan Sekda definitif yang telah berlangsung selama setahun terakhir.

Sebelumnya, untuk mengisi sementara kekosongan jabatan Sekda di Trenggalek, beberapa pejabat baik dari internal Pemkab Trenggalek dan Pemprov Jawa Timur ditugaskan sebagai penjabat sementara sebelum dilantiknya pejabat definitif.

 


Melantik Sekda definitif yang baru, Bupati Nur Arifin menuturkan pelantikan Sekda didasarkan pada hasil panitia seleksi yang memunculkan 3 nama. "Kita memutuskan untuk memilih beliau Pak Edy yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan saat ini menjadi Sekda definitif yang baru," tutur Bupati Trenggalek.

Selain itu, Bupati Nur Arifin menambahkan, "Sekarang ada jabatan yang kosong mulai dari Asisten I, Asisten II kosong, kemudian ada beberapa dinas kosong, nanti akan ditindaklanjuti dengan open biding atau nanti seleksi terbuka," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menyebut akan melakukan assement terhadap beberapa pejabat eselon II di jajarannya sehingga nantinya dimungkinkan adanya rotasi.

 


"Tapi kalau yang di rotasi kan ada sejumlah jabatan dengan jumlah eselon II nya kan banyakan jabatan yang kosongnya, maka nanti tetap akan ada open biding. Jadi memungkinkan nanti yang eselon III ke eselon II tetapi melalui tes," tegasnya.

Disisi lain, Mas Ipin mengatakan kebutuhan organisasi menjadi pertimbangan terkuat dalam pelantikan Sekda definitif kali ini. Mengingat selama ini jabatan Asisten I bisa dikatakan sebagai wakil langsung setelah Sekda.

Aspek lainnya adalah nilai yang cukup layak, komitmen, dan kebutuhan organisasi untuk melengkapi dan meningkatkan kinerja guna memaksimalkan pelayanan masyarakat di Kabupaten Trenggalek.

 


Bupati Nur Arifin berharap dilantiknya Edy sebagai Sekda semakin menambah kekompokan birokrasi di jajarannya. "Harapannya semua makin kompak, kan Sekda ini jabatan tertinggi di suatu daerah untuk birokrasi. Sehingga harapan saya bisa mengompakkan yang lainnya," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek