Bupati Nur Arifin Serahkan Anugerah "Baznas Award" Tahun 2021

prestasi

16 December 2021

335
Bupati Nur Arifin Serahkan Anugerah

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Trenggalek kembali menganugerahkan Baznas Award kepada 7 Unit Pengumpul Zakat (UPZ) terbaik di Tahun 2021.

7 UPZ yang menjadi penghimpun zakat terbaik diantaranya adalah Setda Kabupaten Trenggalek sebagai UPZ terbaik tingkat OPD. UPZ Kecamatan Trenggalek sebagai UPZ terbaik tingkat kecamatan, UPZ Dikpora Korwil Watulimo, UPZ Puskesmas Baruharjo sebagai UPZ terbaik tingkat puskesmas.

Kemudian UPZ SMP 1 Watulimo sebagai UPZ terbaik tingkat SMPN, UPZ Kantor Kemenag Trenggalek sebagai UPZ terbaik tingkat instansi vertikal, dan twrakhir UPZ SMKN Watulimo sebagai UPZ terbaik tingkat SMA/SMK.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menyerahkan langsung penghargaan ini di Pendhapa Manggala Praja Nugraha didampingi Wakil Ketua Baznas Jatim, Drs. Ali Maschan Moesa, Rabu (15/12/2021).

Usai menyerahkan Baznas Award 2021, Bupati muda ini menuturkan, "Saya berharap perolehan atau pengumpulan zakat kita, bisa lebih tinggi. Harapannya nanti seluruh desa bisa memiliki UPZ, tidak hanya sekedar OPD dan swasta bisa ikut berzakat," tuturnya.

Hal ini ditekankan oleh Bupati karena Trenggalek dianggap masih memiliki potensi lebih dalam penghimpunan zakat dengan nilai lebih dari 10 Milyar dalam kurun waktu satu tahun. Terlebih disampaikan olehnya angka kemiskinan di Trenggalek dan kabupaten lain secara nasional mengalami kenaikan akibat pandemi covid-19.

"Semoga bisa menurunkan kemiskinan dengan adanya intervensi dari BAZNAS. Yang tentunya lebih fleksibel secara administratif dan lebih menyasar pada Asnaf," harapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Trenggalek, Machsun Ismail mengatakan penghargaan ini merupakan kali ke-4 di Kabupaten Trenggalek.

Mantan Wakil Bupati ini melaporkan, berdasarkan rekapitulasi penerimaan zakat Tahun 2021 dengan total penerimaan mencapai 4,61 Milyar. Dari jumlah tersebut sudah ditasarufkan yang paling banyak untuk kegiatan sosial utamanya kepada fakir miskin.

 

Setidaknya setiap bulan dikirimkan 700 lebih paket sembako kepada mustahiq ke alamat masing-masing yang tersebar di seluruh pelosok Kabupaten Trenggalek masing-masing senilai 200 ribu rupiah.

Untuk program bedah rumah, Baznas membedah kurang lebih 5 unit rumah di setiap bulannya dengan target 60 rumah yang bisa diselesaikan pada akhir tahun. Diskominfo Trenggalek