Usung Inovasi Petung Dadi, Dinas Kominfo Raih Juara II Dalam Gelaran TIF 2021

inovasi

16 December 2021

332
Usung Inovasi Petung Dadi, Dinas Kominfo Raih Juara II Dalam Gelaran TIF 2021

Pelayanan Tunggal Dengan Sepenuh Hati atau Petung Dadi, sebuah inovasi dari Dinas Komunikasi Kabupaten Trenggalek ini berhasil meraih penghargaan Juara II dalam ajang Trenggalek Innovation Festival (TIF ) 2021 di Pasar Pon.

Petung Dadi yang menjadi terobosan Dinas Kominfo ini berkompetensi dengan 60 inovasi lain dari seluruh OPD yang mengikuti gelaran TIF 2021. Selain itu Petung Dadi memang ditujukan guna menjawab kebutuhan masyarakat demi mewujudkan kemudahan pelayanan administrasi dari tingkat desa sampai di Kecamatan.

Edif Hayunan Siswanto, Kepala Dinas Kominfo Trenggalek ini menerima penghargaan Juara II TIF yang diserahkan langsung oleh Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dalam penutupan TIF 2021, Rabu (15/12/2021).

Melalui aplikasi ini, pelayanan administratif dari tingkat desa hingga kecamatan dapat diakses oleh masyarakat secara mobile melalui aplikasi.

Selain itu, dengan pemangkasan alur secara signifikan juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi Petung Dadi. Dimana dengan aplikasi ini pemohon tidak perlu datang ke kantor desa, namun cukup mengakses aplikasi melalui perangkat atau gawai yang digunakan.

Mendapat penghargaan ini, Kadis Kominfo Trenggalek Edif menuturkan, "Sebetulnya hasil akhir yang ingin kita capai itu bukanlah sebuah kejuaraan, tapi bagaimana inovasi yang kita ciptakan bisa bermanfaat bagi masyarakat," tuturnya.

Tidak hanya berbangga diri dengan penghargaan yang diraih, alumni IKAPT ini menyebut Dinas Kominfo Trenggalek masih memiliki kewajiban untuk mengevaluasi aplikasi Petung Dadi agar bisa lebih optimal dimanfaatkan masyarakat.

"Kalau bermanfaat ya kami bangga juga, jadi tidak hanya bangga karena dapat juara tapi juga bangga apabila aplikasi itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," jelasnya.

"Harapan kami aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh Pemerintah Desa, masyarakat, sehingga pelayanan publik di desa bisa memenuhi standar pelayanan cepat, mudah, dan aman," tandasnya. Diskominfo Trenggalek