BUPATI TRENGGALEK MENGAJAK PARA PELAKU EKONOMI KREATIF MEMASTIKAN MASYARAKAT BISA MELIHAT SUATU KREATIFITAS TERSENDIRI DARI KABUPATEN TRENGGALEK

ekonomi

29 July 2020

2281
BUPATI TRENGGALEK MENGAJAK PARA PELAKU EKONOMI KREATIF MEMASTIKAN MASYARAKAT BISA MELIHAT SUATU KREATIFITAS TERSENDIRI DARI KABUPATEN TRENGGALEK

Menjadi narasumber dalam webinar diskusi kreatif bersama dengan jejaring komunitas ekonomi kreatif dari Smart Center, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengajak para pelaku ekonomi kreatif memastikan masyarakat bisa melihat suatu kreatifitas tersendiri dari Kabupaten Trenggalek, Senin (27/7/2020).

Untuk mewujudkan sebuah kota kreatif dengan kekhasan yang dimiliki, Bupati Nur Arifin mengajak para pelaku usaha ekonomi kreatif dari berbagai bidang untuk berjejaring dan terhubung satu sama lain.

"Sehingga membuat Trenggalek bisa lebih dilihat, bisa didengar, bisa dirasa, bisa diraba, dengan semua indera yang kita punya. Kalau itu sudah bisa dilakukan maka tujuan dari ekonomi kreatif dengan memunculkan suatu kota kreatif rasanya itu bisa kita capai bersama-sama," tutur Bupati Nur Arifin.

Selain itu Bupati muda ini juga memandang bahwa kreatifitas juga memiliki pengaruh terhadap ekonomi suatu negara. Bahwa tujuan dari ekonomi kreatif guna memunculkan suatu kota kreatif akan membawa dampak ekonomi yang bisa bermuara pada kesejahteraan rakyat.

"Intinya kita mengajak teman-teman untuk melakukan 4C, connect, colaborate, celebrate, dan comerce. Artinya apa kita ingin Trenggalek kotanya lebih hidup, masyarakatnya bisa berinteraksi, bisa menunjukkan karya kreatifitasnya, juga syukur-syukur bisa mendapatkan buah dari hasil kreatifitas itu," ungkapnya.

"Jadi itu yang kita ingin, jadi bagaimana kita konek dulu, jadi bagaimana semua orang-orang kreatif ini kita ingin kenal satu sama lain, habis itu kita bikin projek kreatifitas apa yang kita dorong, kolaborasinya seperti apa, kemudian kita rayakan bersama-sama dan kemudian harapannya bisa menjadi suatu pundi-pundi ekonomi, ada comerce ada perdagangan atau transaksi yang terjadi," lanjutnya menambahkan.

Ditambahkan oleh pria yang akrab disapa Cak Ipin ini kondisi pandemi seperti ini tidak sepenuhnya menghalangi upaya untuk membangun ekonomi kreatif di Trenggalek.

Webinar, bazar umkm yang digelar melalui platform online, dan memanfaatkan influencer disebut bisa menjadi salah satu solusi menumbuhkan ekonomi kreatif dimasa pandemi.

"Kemudian koridor-koridor space kita bikin nanti tetapi tetap dengan menerapkan physicsl distancing, protokol kesehatan," terangnya.
"Rasanya dengan kreatifitas segalanya bisa menjadi mungkin," tegasnya menutup. Diskominfo Trenggalek