Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 Dari Gubernur Jatim

prestasi

19 September 2022

32
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 Dari Gubernur Jatim

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berhasil meraih penghargaan Pembina Proklim Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan ini menjadi wujud apresiasi terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Kepala Daerah dalam penurunan emisi gas rumah kaca (emisi karbon) dan pengendalian mitigasi perubahan Iklim di wilayahnya.

Penghargaan dari Gubernur Jatim ini diberikan pada acara Jatim Environment Exibhition & Forum 2022 dalam rangka puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022 di JX International Surabaya, Senin (12/9/2022).

Menerima penghargaan sebagai Pembina Proklim Terbaik, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menuturkan, "Kalau Pembina Terbaik saya rasa semua punya niat yang sama. Tapi saya beruntung punya masyarakat Trenggalek khususnya desa-desa yang suportif," tutur Bupati Nur Arifin.

 


 

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini menambahkan, "Karena di Trenggalek kita mungkin satu-satunya daerah atau salah satu yang diantara yang sedikit berhasil menerapkan transfer anggaran berbasis ekologi kepada desa-desa," imbuhnya.

"Kita punya Adipura Desa, jadi didalam Adipura Desa itu kita memberi hadiah berupa bantuan keuangan khusus desa kepada desa-desa yang berhasil pro lingkungan. Makanya kemudian mudah bagi desa di Trenggalek untuk mendapatkan predikat proklim karena kita sudah mengawali yang namanya Adipura Desa," jelas Mas Ipin.

Lebih lanjut, salah satunya konservasi penyu menjadi salah satu desa yang mengkonservasi penyu. Karena dulu penyu diperjualbelikan sekarang dikelola dengan baik, setiap yang datang ditetaskan kemudian dilepaskan lagi ke habitatnya. Sehingga harapannya biodiversity di kawasan pesisir ini menjadi lebih alami menjadi lebih natural. Harapannya lingkungan kita menjadi lebih baik lagi.
.
Kemudian, seperti yang disampaikan Ibu Gubernur, ekosistem itu penting seperti hutan mangrove itu menghasilkan oksigen lebih besar dibandingkan kawasan hutan. Itu juga perlu dijaga dengan lebih seksama.

"Harapannya nanti semakin banyak desa yang ikut Adipura Desa, semakin banyak kemudian masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dan ini juga sesuai dengan konstitusi kita bahwa kita punya cita-cita melindungi segenap tumpah darah," harapnya.

 


 

"Harapannya jika tumpah darah, bukan hanya hari ini kita bisa menikmati lingkungan hidup yang berkualitas, tetapi juga nanti generasi yang akan datang juga bisa merasakan lingkungan hidup yang lebih baik," tegas Mas Ipin.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh kepala daerah dan masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup di wilayahnya.

Gubernur menegaskan, "Tema tahun ini menjadi bagian yang menyatukan tanpa harus bertemu dengan Hari Lingkungan Hidup, gerakan kita akan berseiring mendukung pelestarian lingkungan hidup dan bumi semakin kuat," ajaknya.

Selain Bupati, dalam kesempatan ini beberapa desa dan lembaga sekolah di Kabupaten Trenggalek turut mendapatkan penghargaan.  Diantaranya Dusun Bendogolor Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul menerima penghargaan Proklim Utama Thropy Nasional Tahun 2021, Desa Gading Kecamatan Tugu menerima penghargaan sebagai Desa Berseri, dan SMK 1 Pule sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jatim.  Diskominfo Trenggalek