Dapat Atensi Positif dari Presiden Jokowi, Pasar Pon Trenggalek Akan Jadi Role Model Percontohan Pasar Tradisional di Indonesia

inovasi

19 October 2022

239
Dapat Atensi Positif dari Presiden Jokowi, Pasar Pon Trenggalek Akan Jadi Role Model Percontohan Pasar Tradisional di Indonesia

Pasar Pon Trenggalek akan menjadi role model percontohan pasar tradisional di Indonesia. Pasar yang mengusung konsep Bangunan Hijau (Green Building) ini mendapatkan atensi positif dari Pemerintah Pusat selepas diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada November 2021 lalu.

Menindaklanjuti hal ini, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Diana Kusumastuti, M.T mengunjungi langsung Pasar Pon Trenggalek dengan didampingi Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara bersama jajaran terkait.

Bersama Wabup Trenggalek, Dirjen Diana berkeliling meninjau seluruh sisi dan fasilitas yang tersedia di Pasar Pon. Menurutnya konsep bangunan hijau yang diusung Pasar Pon tersebut dianggap bisa diterapkan pada pasar tradisional lainnya di Indonesia.

 


 

Bahkan Diana membenarkan bahwa Presiden Jokowi menaruh perhatian positif terhadap pasar tradisional selepas meresmikan pasar ini pada tahun lalu.

Saat dikonfirmasi, Dirjen Cipta Karya ini mengatakan, "Jadi saya ingin mengecek saja di Pasar Pon, ini kan dulu diresmikan oleh Presiden dan Presiden senang dengan pasar ini," jelasnya.

"Karena pasar ini kita lihat bagus kalau dilihat dari Green (bangunan hijau) nya, anginnya juga bisa ngalir, cahayanya pun juga bisa sampai ke tengah-tengah," sambungnya.

 


 

"Ini nanti akan dijadikan percontohan untuk pasar lainnya, saya ingin tahu akan dijadikan prototype yang modelnya seperti ini," tegasnya.

Sementara itu disaat yang sama, Wakil Bupati Trenggalek Syah M Natanegara yang mendampingi kunjungan Kementerian PUPR ini mengatakan, "Alhamdulilah Bu Dirjen kesini karena cerita beliau yang mendapat cerita dari Pak Jokowi, dari Pak Jokowi memerintahkan kepada beliau untuk melihat pasar di Trenggalek," ungkapnya.

"Karena ternyata setelah kunjungan Pak Jokowi ke pasar ini kemarin waktu itu menjadi atensi untuk pengelolaan pasar tradisional yang mulai modern," lanjut mantan anggota DPRD tersebut.

 


"Terutama di Kabupaten Trenggalek dan ini juga sekalian memeriksa bagaimana kondisi pasar yang ada di Kabupaten Trenggalek ini dan yang pasti kita sama-sama berdoa semoga Pasar Pon Trenggalek dengan menjadi atensi dari Presiden ini menjadi lebih baik lagi," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek