Pemkab Trenggalek Berangkatkan 7 KK Program Transmigrasi Ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara

berita

19 October 2022

831
Pemkab Trenggalek Berangkatkan 7 KK Program Transmigrasi Ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara

Pemerintah Kabupaten Trenggalek tahun ini kembali memberangkatkan peserta program transmigrasi. Kali ini sebanyak 7 Kepala Keluarga (KK) asal Trenggalek diberangkatkan langsung oleh Sekretaris Daerah, Drs. Edy Soepriyanto untuk bertransmigrasi menuju ke Provinsi Sulawesi Selatan dan Trenggara, Minggu (16/10/2022).

Seluruh peserta 7 KK yang diberangkatkan berasal dari sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Trenggalek. Diantaranya meliputi dari Kecamatan Trenggalek meliputi dari Desa Ngares, Kecamatan Watulimo sebanyak 1 KK dari Desa Ngembel, dan Kecamatan Suruh sebanyak 1 KK dari Desa Puru, dan Kecamatan Dongko sebanyak 2 KK dari Desa Ngerdani.

Selepas dari transito di Surabaya mereka semuanya akan diberangkatkan pada 19 Oktober mendatang menuju daerah tujuan masing-masing. Salah satunya Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 5 KK yang terdiri atas 15 jiwa. Kemudian tujuan Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 2 KK terdiri dari 5 jiwa.

 


 

Memberangkatkan peserta transmigrasi dari Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Sekda Edy Soepriyanto menuturkan berbicara mengenai transmigrasi tidak hanya perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lainnya.

Akan tetapi pada perkembangannya saat ini transmigrasi menjadi sebuah pola dalam rangka bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekda menuturkan Trenggalek menjadi salah satu daerah yang memiliki jumlah peminat transmigrasi dengan cukup banyak.

Sekda Edy berpesan," Trenggalek dikenal sebagai daerah yang ramah, mudah beradaptasi, sehingga diharapkan kita bisa tetap menjaga adat, banyak yang sudah berhasil disana, salah satunya dari Panggul dan omsetnya sudah miliaran. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kita untuk bisa berkompetisi menjadi lebih baik lagi," tuturnya.

 


 

Kemudian mantan Asisten I ini berharap agar kemampuan beradaptasi dan menjaga hubungan baik antar sesama transmigran maupun penduduk setempat agar terus selalu dijaga.

"Ada peribahasa yang menyebutkan dimana bumi dipijak maka di situlah langit dijunjung, silahkan kenali lingkungan dan jalin komunikasi yang harmonis sehingga penggarapan lahan yang diberikan bisa diberikan dengan sebaik-baiknya," pesannya.

"Keuletan dan tidak mudah menyerah adalah kunci sukses untuk mendapatkan yang lebih baik lagi. Apabila menjadi petani harus menjadi petani yang sukses dan mandiri. Kobarkan terus semangat diantara para transmigran sehingga bisa sukses apalagi anda semua berangkat secara sekali lah tidak ada paksaan dari siapapun," lanjutnya.

 


 

Mengakhiri sambutannya, Sekda berpesan," pegang teguh gotong royong dan guyub rukun di manapun berada sebagai ciri khas warga Trenggalek," pungkasnya. Diskominfo Trenggalek