DESA WONOCOYO PANGGUL WAKILI TRENGGALEK PADA LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI

berita

12 May 2017

1841
DESA WONOCOYO PANGGUL WAKILI TRENGGALEK PADA LOMBA DESA TINGKAT PROVINSI

Keberhasilan Desa Wonocoyo dalam membina masyarakat dan kelestarian lingkungan patut diacungi jempol, pasalnya usai meraih juara 1 lomba desa gotong royong tingkat Kabupaten Trenggalek, Desa Wonocoyo kini berhak mewakili Trenggalek pada tingkat lomba desa yang lebih tinggi yaitu lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada Selasa (9/5) Wakil Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyambut langsung kedatangan tim penilai lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur, suguhan tarian khas jaranan, turonggo yakso, dan juga terban turut mewarnai kedatangan tim penilai dari provinsi ini.Dalam sambutannya Wabup menuturkan bahwa lomba desa seperti ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai tolak ukur sejauh mana potensi dan kemampuan pengelolaan yang dimiliki suatu daerah tertentu. Tentunya dengan tolak ukur tersebut suatu daerah dapat menimbang prioritas sektor mana saja yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan. 

 

“Sejatinya lomba desa bukanlah tujuan akhir, tetapi lomba ini sebagai sarana kita untuk bisa mengukur sampai sejauh mana kapasitas sebuah desa. Saya pastikan ini tidak di intervensi juga tidak ada tunjukan dari kabupaten, tapi memang merupakan himpunan segenap kekuatan rakyat serta masyarakat didesa wonocoyo cerminannya memang seperti ini” tutur Wabup.

 

Senada dengan Wabup, Ketua tim penilai lomba Ir. Heru Suseno, M.T juga mengatakan bahwa inti dari perlombaan ini ada di warga desa, kabupaten maupun provinsi hanya menilai apa yang sudah di kerjakan.

“Kuncinya sebetulnya ada di warga, kuncinya bagaimana evaluasi diri benar-benar dilakukan. Provinsi hanya menilai apa yang sudah dilakukan oleh warga, tanpa ada kerja keras dari warga maka kabupaten maupun provinsi tidak bisa pamer” ujarnya.

 

Beberapa aspek yang menjadi penilaian pada lomba desa tingkat provinsi kali ini seperti penyelenggaraan pemerintahan desa, pemeliharaan kemanan desa, kegiatan yang melibatkan PKK, kesigapan penanggulangan bencana, kesehatan, komunikasi, dan pendidikan. Tujuh aspek tersebut menjadi tolak ukur tim dalam menentukan mana yang berhak mewakili Provinsi Jawa Timur dalam lomba desa tingkat nasional kelak. 

 

Masyarakat Desa Wonocoyo dengan semangat gotong royong bertekad mewujudkan visi desa yang indah, damai, dan mandiri, atau lebih dikenal dengan sebutan IDAMAN. Dengan mengusung beberapa program unggulan yang tidak dimiliki desa lain seperti PerDes nomor 3 tahun 2014 tentang kawasan konservasi penyu, dan Perdes nomor 4 tahun 2014 tentang pelaksanaan perlindungan dan pemanfaatan satwa dan tumbuhan, Wonocoyo yakin dapat menjadi pemenang pada lomba desa tingkat provinsi tahun 2017 ini. Diskominfo Trenggalek