Di Desa Pandean, Bupati Mas Ipin Kendarai Mobil Listrik Bareng Mas Menteri Sandiaga Uno

berita

11 July 2022

210
Di Desa Pandean, Bupati Mas Ipin Kendarai Mobil Listrik Bareng Mas Menteri Sandiaga Uno

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin kemudikan langsung mobil listrik saat mendampingi kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno di Desa Wisata Pandean Kecamatan Dongko, Kamis (30/6/2022).

Bersama Istri Novita Hardini, Mas Ipin dan Mas Menteri Sandiaga mengendarai mobil listrik ini dari Sekretariat Pokdarwis hingga ke Kantor Desa Pandean Dongko. Mobil tenaga surya berwarna merah ini merupakan sebuah karya dari siswa SMK Muhammadiyah Watulimo.
 


 

Sepanjang jalan masyarakat memadati untuk memberikan sambutan meriah dengan mengenakan pakaian adat jawa. Bahkan suguhan budaya khas Trenggalek juga turut mengiringi kunjungan Menparekraf muda ini, mulai dari Tari Turonggo Yakso, Tari Gambyong Pareanom, permainan tradisional cublak-cublak suweng, kothekan lesung, terbangan elo serta rivertubing watukandang.

Menteri Sandiaga juga menyambut baik keberadaan mobil listrik di Trenggalek ini sebagai bentuk pelestarian energi baru terbarukan yang dipadukan dengan kearifan lokal setempat.
 


 

"Yang menarik dari kendaraan MNA ini adalah produksi teman-teman SMK Muhamadiyah Watulimo di Trenggalek ini. Dan tadi saya sudah mencoba dan ada sensasi tersendiri, menurut saya ini suatu hal yang perlu kita kolaborasikan," ungkap Mas Menteri.

Disisi lain, Mas Menteri juga mengagumi Desa Wisata Pandean yang telah berkembang pesat meskipun dalam kurun waktu singkat.

"Desa Wisata Pandean ini masih berusia di bawah 1 tahun, karena 2021 baru dibentuk oleh Pokdarwis tapi menembus 50 besar juga prestasinya," terangnya.
 


 

Menurutnya, potensi kepariwisataan yang dimiliki Desa ini patut mendapatkan apresiasi, mengingat Desa Wisata ini diawali dengan upaya konservasi sungai hingga pemberdayaan masyarakat.

Sehingga diharapkan oleh Menteri Sandiaga, kedepan masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari potensi pariwisata disamping kelestarian ekologi lingkungan yang ikut terjaga. Diskominfo Trenggalek