Di Trenggalek Ada Program "TEMAN" Dorong Kebermanfaatan Aset Ternak Pemerintah Untuk Ungkit Perekonomian Pondok Pesantren

berita

29 August 2022

91
Di Trenggalek Ada Program

Sejumlah aset ternak dan sarana prasarana peternakan milik Pemerintah Kabupaten Trenggalek diserahkan kepada Pondok Pesantren.

Upaya ini masuk kedalam sebuah inovasi dari Dinas Peternakan yang disebut, "TEMAN". Dimana sesuai nama programnya yang berakronim Ternak Mondok Memakmurkan ini diharapkan dapat mendorong perekonomian Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek.

Menyerahkan ternak secara simbolis di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menuturkan, "Jadi hari ini kita menyerahkan beberapa program dari Dinas Peternakan, salah satunya ada inovasi yang namanya ternak mondok memakmurkan," tutur Bupati, Jumat (26/8/2022).

 


 

Disebut ternak mondok karena "ternak ini sebelumnya dikelola oleh Dinas, menjadi aset dari Dinas. Daripada menjadi aset dinas namun tidak bergulir ke ekonomi, maka Dinas Peternakan memiliki inovasi. Aset Dinas ini kemudian dititipkan ke pondok-pondok, agar kemudian pondok-pondok ini nanti bisa mengelola ini," terang pria yang akrab disapa Mas Ipin ini.

Kemudian, kalau beranak pondok akan mendapatkan hasil itu menjadi bagian dari ekonomi pesantren. Jadi ini menurut saya satu inovasi yang baik dan kemudian nanti aset yang utama ini bisa digulirkan terus dan terus dan kita pantau.

Sehingga ini bentuknya bukan hibah atau bukan kita beri ke pondok tersebut, tetapi kita titipkan. Yang dulunya ada di kandangnya pemerintah, sekarang kita taruh, kita titipkan untuk mondok di pondok-pondok pesantren.

 


 

Terima kasih atas kerjasamanya dan pondok pesantren juga menyambut dengan baik. Ini satu sinyal yang bagus, ada Kambing PE dan juga ada Sapi. Terus selanjutnya juga diberikan untuk bank pakan, ada salah satu kelompok tani.

Pemimpin muda ini berharap, "Harapannya nanti, ketersediaan pakan ini juga cukup. Karena ada mesin Chopper, nanti juga bisa fermentasi sehingga hasilnya bisa lebih baik", harapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, Nurkolik menambahkan program TEMAN ini ditujukan untuk mewujudkan upaya pengentasan kemiskinan.

 


 

Dipilihnya pesantren juga bukan tanpa sebab, selain meningkatkan perekonomian pesantren juga diharapkan dapat menjadi edukasi tersendiri bagi para pelajar atau santri. Diskominfo Trenggalek