Senam Tera Indonesia (STI) Trenggalek Ikuti Trenggalek Culture Carnival Tahun 2022

berita

30 August 2022

224
Senam Tera Indonesia (STI) Trenggalek Ikuti Trenggalek Culture Carnival Tahun 2022

Senam Tera Indonesia (STI) Kabupaten Trenggalek mengikuti rangkaian “Trenggalek Cultural Carnival Tahun 2022 yang digelar Minggu (28/8/2022)

Event yang juga dikenal dengan karnaval budaya ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke 77 Republik Indonesia sekaligus Hari Jadi ke-828 Trenggalek.

STI Trenggalek mengikutian 150 personil untuk memeriahkan karnaval budaya tersebut. Beragam pertunjukan seni dan budaya turut disuguhkan kepada masyarakat yang hadir di sepanjang rute karnaval, salah satuny adalah Seni Wayang Orang dengan lakon "Gatotkaca Winisudo”.

 


 

Kemudian juga ada seni limbukan dan juga tari jaran goyang dari Banyuwangi. Selain itu tidak ketinggalan senam tera sendiri yang diperagakan oleh terawan dan terawati Kab. Trenggalek yang menggambarkan kegembiraan sehat bugar gembira luar biasa bagi terawan dan terawati.

Sembodo Sukmamukti, Sekretaris Pelaksana menyebut Senam Tera akan membantu tubuh tetap bugar dan segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal, dan membantu menghilangkan radikal bebas didalam tubuh.

Disisi lain, Pernapasan STI termasuk pernapasan lembut, pernapasan perut waktu tarik napas perut kembung dan lepas napas perut kempes. Dilakukan secara alamiah, wajar, panjang dan melalui hidung sedang hembus napas boleh lewat hidung atau mulut dan tidak dihentakkan.

 


 

Kegiatan yang tujuannya untuk menguasai secara fisik seluruh gerakan Senam Tera Indonesia, Olah Napas Kegiatan yang ditujukan untuk menguasai secara serasi antara gerakan, teknik pernapasan kosentrasi khususnya gerakan pernapasan pokok dan gerakan pernapasan lanjutan, olah tenang Kegiatan yang ditujukan untuk menguasai secara mental hubungan antara gerakan fisik dengan metabolisme tubuh, sehingga tercapai kondisi ketenangan yang utuh baik fisik maupun mental.

Mempunyai dampak pada peningkatan kesehatan dan kebugaran, meningkatkan daya tahan tubuh serta dapat merangsang penyembuhan beberapa jenis penyakit. dampak positif dari latihan senam tera erjadinya perbaikan-perbaikan terhadap fungsi fisik dan kejiwaan sehingga akan meningkatkan kemampuan fungsional organ-organ tubuh serta kesehatan rohani. (sumber : STI Trenggalek)