DINKESDALDUK KB KAMPANYEKAN BEBAS ANEMIA

berita

02 April 2018

2107
DINKESDALDUK KB KAMPANYEKAN BEBAS ANEMIA

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek terus berupaya menekan angka kejadian anemia khususnya bagi kalangan remaja putri di Trenggalek . Lewat sosialisasi tablet tambah darah bagi remaja putri yang dikemas dalam "Kampanye Trenggalek Bebas Anemia" di Pendhapa Manggala Praja Nugraha, Dinkes ajak remaja putri diseluruh penjuru Trenggalek untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang anemia beserta langkah penanggulangan yang diperlukan jika terjadi anemia, Kamis (29/3). 

Anemia sendiri merupakan kondisi badan yang tidak sehat ditandai dengan kadar hemoglobin dalam darah lebih rendah dari normal. Terbiasa dengan makan yang gizinya tidak seimbang juga bisa memicu timbulnya anemia. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk makanan kaya sumber zat besi dari makanan hewani, daging, unggas, dan ikan serta jeruk dapat menekan resiko kejadian anemia dikalangan remaja. Jika beberapa hal di atas dirasa kurang cukup, kita dapat mengonsumsi suplemen penambah darah yang mengandung zat besi tinggi dan nutrisi lainnya. 

Plt.Sekertaris Daerah Kabupaten Trenggalek Drs.Kusprigianto, M.M., yang membuka Kampanye Trenggalek Bebas Anemia ini mengharapkan agar para remaja putri khususnya dapat menjaga pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi supaya dapat terhindar dari anemia. 

Sejatinya kampanye bebas anemia merupakan bagian dari kampanye Gerakan Masyarakat hidup Sehat (GERMAS). Sedikitnya ada kurang lebih 154 siswa-siswi perwakilan 22 seluruh puskemas yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Trenggalek, dimana para siswa siswi tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan perlombaan dalam rangkaian acara kampanye bebas anemia. 

Beragam lomba yang digelar dalam rangkaian kegiatan kampanye bebas anemia ini diantaranya adalah lomba speech contest (pidato bahasa inggris), lomba cipta jingle bebas anemia, dan lomba hadrah sebagai penutup. Di sela kegiatan tersebut juga dibagikan tablet tambah darah yang bisa diperoleh secara gratis khusus bagi remaja putri yang berkunjung di kampanye bebas anemia ini. Diskominfo Trenggalek