KUMPULKAN PETUGAS OPD, BAPPEDA DORONG KETERISIAN DATA SIPD

berita

28 March 2018

2032
KUMPULKAN PETUGAS OPD, BAPPEDA DORONG KETERISIAN DATA SIPD

Pentingnya ketersediaan data pada sistem perencanaan kini menjadi hal yang sangat mendesak dalam proses perencanaan pembangunan daerah. Hal itulah yang kini tengah didorong oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Trenggalek dengan mengumpulkan petugas SIPD dari masing-masing OPD di Aula Bappelitbangda guna mengevaluasi keterisian SIPD tahun 2017 dan awal 2018, Rabu (28/3). 

Saat ini kedudukan SIPD pada proses perencanaan pembangunan semakin kuat, pasalnya SIPD merupakan salah satu item penting yang dinilai oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dimana banyak sekali arah kebijakan pemerintah yang didasarkan pada SIPD.  Sehubungan hal tersebut Bappelitbangda Trenggalek mengharapkan kepada seluruh petugas SIPD untuk benar-benar mendorong keterisian data SIPD di masing-masing OPD dengan data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Berbagai invovasipun juga sudah mulai dilakukan oleh Bappelitbangda Trenggalek, yang salah satu inovasi tersebut adalah pengenalan aplikasi SIPD yang baru dimana username dan passwordnya sudah dipecah kepada OPD masing-masing, berbeda dengan dulu yang masih terkumpul menjadi satu di Bappelitbangda.  Sehingga data SIPD yang diperoleh menjadi lebih valid dan akurat karena langsung di input oleh masing-masing OPD yang bersangkutan.

Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan, Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan Bappelitbangda Trenggalek, Sudarsono, S.E, M.Si yang memimpin rapat evaluasi mengatakan bahwa aplikasi SIPD yang baru dapat memecah data menjadi lebih detail dan spesifik, sehingga ketimpangan data dapat diminimalisir sekecil mungkin.

“Dengan dipecahnya scope data yang lebih kecil diharapkan tidak terjadi lagi data yang tumpang tindih, dan memang ini memang salah satu upaya pemerintah pusat untuk membangun satu data (one data) yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan saat ini Kabupaten Trenggalek menduduki peringkat 5 besar kabupaten yang pengelolaan SIPD nya terbaik di tingkat Provinsi Jawa Timur.  Sehubungan hal tersebut dirinya juga mengharapkan bahwa dengan aplikasi yang baru ini dapat memacu peringkat pengelolaan SIPD di Kabupaten Trenggalek menjadi lebih baik lagi. Diskominfo Trenggalek