DISKOMINFO TRENGGALEK GELAR ASSESMENT KEAMANAN INFORMASI WEBSITE OPD

berita

23 May 2018

1679
DISKOMINFO TRENGGALEK GELAR ASSESMENT KEAMANAN INFORMASI WEBSITE OPD

Dalam upaya mengamankan website informasi demi tercapainya manfaat yang maksimal kepada masyarakat juga bagi perangkat daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek menggelar rapat assesment keamanan informasi website bagi Perangkat Daerah se-Kabupaten Trenggalek, Senin (21/05)

 

Acara yang berlangsung di gedung bhawarasa tersebut menghadirkan narasumber dari tim Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan dihadiri ketua Komisi 1 DPRD Trenggalek serta 40 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemkab Trenggalek. Tim BSSN telah melakukan assesment website-website pemkab Trenggalek selama 2 hari terhitung sejak tanggal 19 s/d 20 Mei 2018.

 

Keamanan Informasi merupakan bagian terpenting dalam sebuah sistem informasi pasalnya jatuhnya informasi ke tangan orang lain dapat menimbulkan kerugian bagi pemilik informasi. Sebagai contoh informasi dalam pemerintahan ada beberapa informasi hanya diketahui oleh orang-orang tertentu guna menjamin keamanannya. 

 

Sebagaimana diketahui beberapa waktu yang lalu ada kasus website OPD teridentifikasi serangan hacking dari oknum yang tak bertanggungjawab, hal tersebut sangat merugikan bagi OPD terkait pasalnya dapat merusak sistem keamanan informasi yang mengakibatkan terganggunya informasi pelayanan publik kepada masyarakat.

 

Asisten 1 Sugeng Widodo, SH saat membacakan sambutan Plt. Bupati Trenggalek menyampaikan bahwasannya tim Siber dan Sandi Negara datang ke Kabupaten Trenggalek tak lain untuk meningkatkan keamanan sistem informasi website pemkab. "Tujuan tim melakukan assesment untuk meningkatkan keamanan sistem informasi di Pemerintah Kabupaten Trenggalek", tuturnya.

 

Kerjasama Pemerintah Kabupaten Trenggalek dengan Siber dan Sandi Negara merupakan langkah awal bagi pemkab Trenggalek dalam menindaklanjuti keamanan-keamanan sistem informasi salah satunya keamanan website-website OPD dan diharapkan kerjasama ini dapat berlanjut pada langkah-langkah selanjutnya. Diskominfo Trenggalek