PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE 110, PEMKAB TRENGGALEK GELAR UPACARA DAN ZIARAH NASIONAL

berita

22 May 2018

1660
PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE 110, PEMKAB TRENGGALEK GELAR UPACARA DAN ZIARAH NASIONAL

Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110, Pemkab Trenggalek ingatkan masyarakat akan pentingnya persatuan dan pembangunan SDM di tengah era digital. Pesan itu disampaikan Plt. Bupati Trenggalek saat menjadi inspektur upacara Harkitnas yang berlangsung di Alun-alun Trenggalek, Senin (21/5).

Bicara tentang Harkitnas tentu tidak bisa dilepaskan dari peran besar Boedi Utomo. Organisasi yang didirikan oleh Dr.Soetomo pada tahun 1908 itu memberi contoh bahwa bagaimana berkumpul dan berorganisasi tanpa memandang asal muasal primordial bisa menjadi pendorong munculnya semangat nasionalisme untuk merebut kemerdekaan. Boedi Utomo juga menjadi penanda bahwa dimasa tahun 1908 para pendahulu bangsa berkumpul memberikan gagasan yang terbaik dalam musyawarah dengan wadah organisasi demi terbentuknya sebuah bangsa.

Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, namun rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.  Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani kehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Dalam amanatnya, Plt.Bupati  Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin yang membacakan sambutan Menkominfo, menegaskan bahwa Indonesia di era digital harus memiliki persatuan yang jauh lebih kokoh dibandingkan masa lalu yang masih banyak sekali terdapat keterbatasan dari segi teknologi komunikasi.

"Dulu kita bisa, dengan keterbatasan akses dan informasi, dengan keterbatasan teknologi untuk berkomunikasi, berhimpun dan menyatukan pikiran untuk memperjuangkan kedaulatan bangsa. Seharusnya sekarang kita jauh lebih bisa, sepikul berdua, menjaga dunia yang serba digital ini, agar menjadi wadah yang kondusif bagi perkembangan budi pekerti yang seimbang dengan pengetahuan dan keterampilan generasi penerus kita," tegasnya.

Usai upacara, seluruh rombongan baik itu Plt. Bupati Trenggalek dan jajaran Forkopimda lainnya bergeser menuju Taman Makam Pahlawan Karangsuko. Disana para jajaran pemimpin tersebut mengikuti ziarah nasional guna memberikan penghormatan kepada jasa pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan dengan semangat kebangkitan dari tangan penjajah. Diskominfo Trenggalek