DUA TAHUN BERTURUT - TURUT KABUPATEN TRENGGALEK RAIH OPINI WTP

berita

05 June 2018

1830
DUA TAHUN BERTURUT - TURUT KABUPATEN TRENGGALEK RAIH OPINI WTP

Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, M.M.,  bersama Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek Samsul Anam SH., MM., M.Hum mewakili Pemerintah Kabupaten Trenggalek menerima Opini   WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) Perwakilan Jawa Timur atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) untuk Tahun Anggaran 2017, hari ini Kamis 31 Mei 2018 di Ruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur di Sidorajo.

 

Bersama 12 Kabupaten dan 5 Kota lainnya di Wilayah Jawa Timur, Kabupaten Trenggalek menerima Opini WTP tersebut dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, ini merupakan predikat yang membanggakan bagi  Kabupaten Trenggalek , dalam dua tahun berturut - turut (Tahun 2017 dan Tahun 2018 ) di bawah Kepemimpinan Bupati Dr. Emil Elestianto Dardak  M.Sc., dan Wakilnya H. Moch. Nur Arifin mendapatkan Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

 

Dalam kesempatan kali ini Plt. Kepala BPK Perwakilan Jawa Timur, Ayub Amali menyerahkan secara langsung Opini tersebut. Ini merupakan gelombang penyerahan LHP LKPD yang kedua setelah sebelumnya BPK menyerahkan LHP kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan 20 Kabupaten / Kota pada 25 Mei 2018 yang lalu.

 

Ayub mengatakan, "BPK berharap LKPD yang telah diperiksa  oleh BPK (LKPD audited) dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, terutama terkait dengan penganggaran."

 

Dilanjutkannya, "Sebelum LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2017 diserahkan , BPK telah meminta tanggapan pada setiap Pemerintah Kabupaten / Kota atas konsep rekomendasi dari BPK, termasuk rencana aksi atau action plan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten / Kota." Dengan demikian akan tercipta akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah sehingga akan menjadi kebanggaan bersama, pungkasnya.

 

Sementara dikonfirmasi diakhir acara, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, Drs. Kusprigianto, M.M., menyampaikan "Alhamdulillah bertepatan di bulan suci Romadhon 1439 H, bulan yang penuh hikmah dan penuh Barokah, ini merupakan pretasi besar kita bersama, prestasi Kabupaten Trenggalek yang telah kita raih 2 kali berturut - turut dalam 2 tahun terakhir,  inimerupakan hasil penilaian dari BPK atas LKPD yang merupakan audit atas pelaksanaan perencanaan, penganggaran dan pertanggungjawaban keuangan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek."

 

Perlu diketahui bahwa Opini WTP Tahun 2017 lalu adalah Opini WTP pertama kali sepanjang sejarah Pemerintah Kabupaten Trenggalek, atas LHP LKPD Tahun 2016, sedangkan Opini  WTP Tahun 2018 ini adalah merupakan LHP LKPD di Tahun 2017. (Humas Trenggalek)