HARI LAHIR PANCASILA : BERSATU, BERBAGI, BERPRESTASI

berita

04 June 2018

1843
HARI LAHIR PANCASILA : BERSATU, BERBAGI, BERPRESTASI

Pada hari Jumat tepatnya 1 Juni 2018, Pemkab Trenggalek peringati hari lahirnya Pancasila dengan menggelar upacara pengibaran bendera di Alun-alun Trenggalek.  Plt. Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin memimpin upacara tersebut selaku inspektur upacara dengan diikuti oleh berbagai pasukan, baik dari unsur ASN, aparat TNI Polri, maupun pelajar.

 

Pancasila merupakan berkah dari Tuhan YME yang diberikan kepada rakyat Indonesia guna mempersatukan  bangsa dengan ideologinya.  Perenungan, pergulatan batin, kejernihan pikiran adalah proses yang telah dilalui oleh para pendiri bangsa demi merumuskan ideologi pemersatu bangsa yang solid, kokoh, dan bisa merangkul semua golongan.  Pasalnya bangsa Indonesia pada masa perumusan pancasila masih dihantui dengan ancaman dari bangsa penjajah yang ingin merangsek masuk kembali ke Indonesia dengan cara memecah belah rakyat.

 

Dahulu, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan.  Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.  

 

Sebagai rakyat Indonesia, rangkaian prosesi tersebut haruslah kita ingat, kita dalami semangatnya, dan kita pahami rohnya.  Memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap kehidupan berbangsa melalui hati dan pikiran adalah tugas dan kewajiban seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

 

"Peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila," begitulah ucap Plt.Bupati saat membacakan amanat Presiden Republik Indonesia pada sambutannya.

 

"Pada kesempatan yang mulia ini saya mengajak para ulama, tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.  Selamat hari lahir Pancasila, kita bersatu, kita berbagi, kita berprestasi ! ," tegasnya mengimbuhkan. Diskominfo Trenggalek