Dukungan Pemamfaatan Aplikasi Lapor Untuk Meningkatkan Pelayanan Prioritas Dimasa Pandemi Covid-19, Dinas Kominfo Trenggalek Gelar Bimtek SP4N-LAPOR Vie Virtual

inovasi

26 July 2021

1269
Dukungan Pemamfaatan Aplikasi Lapor Untuk Meningkatkan Pelayanan Prioritas Dimasa Pandemi Covid-19, Dinas Kominfo Trenggalek Gelar Bimtek SP4N-LAPOR Vie Virtual

Pemerintah berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik meskipun di tengah pandemi COVID-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan dibentuknya dihadirkannya aplikasi Layanan Apresiasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) untuk memberikan akses seluas mungkin kepada masyarakat menyampaikan pengaduan atas pelayanan publik selama pandemi COVID-19.

Melalui Surat Edaran Kemen PAN dan RB Nomor 53 Tahun 2020, pemerintah ingin aplikasi LAPOR dimasa pandemi ini untuk diprioritaskan pada penanganan pengaduan terkait dengan pelayanan penanganan pandemi seperti, masalah Kesehatan, bansos, ekonomi dan informasi terkait COVID-19. Dengan melibatkan masyarakat diharapkan pelayanan COVID-19 pemerintah dapat terus meningkat.

“Mengingat pentingnya LAPOR-SP4N tersebut maka pemerintah daerah kabupaten Trenggalek ingin mendukung program tersebut dengan melaksanakan Bimtek pada hari ini,” tutur Kepala Dinas Kominfo Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos, M.Si dalam sambutannya membuka Bimtek SP4N-LAPOR melalui virtual (Senin, 26 Juli 2021)

Pada kesempatan ini juga Kadin Kominfo mengatakan bahwa Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek dari bulan januari sampai dengan bulan juli 2021 terdata telah menerima 196 aduan masyarakat.

“Ada 185 aduan masyarakat yang sudah selesai diproses, sementara 11 lainnya aduan masih menunggu,” tuturnya.

Di akhir sambutannya Kadin Kominfo berharap peserta bimtek SP4N-LAPOR kedepan bisa lebih positif dan responsif dalam menanggapi setiap aduan dari masyarakat terutama dimasa pandemi COVID-19. Diskominfo Trenggalek