Forum Dewan Smart City Untuk Kawal Pelaksanaan Program Inovasi

berita

29 February 2024

2486
Forum Dewan Smart City Untuk Kawal Pelaksanaan Program Inovasi

Inovasi Pemerintah Kabupaten Trenggalek yang tergabung dalam Program Smart City diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi layanan pemerintah. Hal ini ditekankan oleh Asisten Administrasi Umum Sekda, Anik Suwarni SH, M.Si, ketika membuka kegiatan Forum Dewan Smart City, Kamis (22/02/2024). Selain untuk mengevaluasi pelaksanaan program inovasi pada Tahun 2023, acara yang digelar di Graha Bhawarasa ini, juga bertujuan untuk mengawal pelaksanaan program Smart City di Tahun 2024. Para Kepala Perangkat Daerah yang merupakan anggota Dewan Smart City turut hadir dalam acara ini.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Trenggalek, Edif Hayunan Siswanto, S.Sos, M.Si, mengharapkan kolaborasi dan komitmen seluruh kepala perangkat daerah dalam pelaksanaan program Smart City. “Setelah membangun komitmen, Kepala Perangkat Daerah juga harus menugaskan tim pelaksana yang tepat agar pelaksanaan program inovasi berjalan maksimal”, lanjutnya.

Hasil evaluasi implementasi Program Smart City Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Trenggalek memperoleh skor 3,42 dari maksimal skor 4,00. Dengan meraih skor tersebut, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menduduki peringkat ke 2 dari 50 Kab./Kota yang mengikuti program Gerakan Menuju Smart City pada Tahun 2022.

Aspek yang perlu diperbaiki dari para evaluator antara lain: penyusunan payung hukum Smart City dalam bentuk Peraturan Kepala Daerah, peningkatan Presentase APBD dan Pembiayaan Non APBD untuk Smart City, penetapan wajah kota Trenggalek, serta peningkatan peran serta semua perangkat daerah dan masyarakat dalam Program Smart City. Diskominfo Trenggalek