Fasilitasi Pencari Kerja, Disperinaker Kembali Gelar Trenggalek Job Fair di Tahun 2018

berita

27 September 2018

1864
Fasilitasi Pencari Kerja, Disperinaker Kembali Gelar Trenggalek Job Fair di Tahun 2018

Sediakan 1500 lowongan, Trenggalek Job Fair 2018 yang diadakan oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek diserbu ribuan pencari kerja dari dan luar Trenggalek, Rabu (26/9).  Bursa kerja yang berlangsung 2 hari di Hotel Hayam Wuruk ini sedari pagi sudah dipadati para pencari kerja, baik dari kalangan pelajar fresh graduate maupun masyarakat umum.

Tahun 2018 merupakan tahun ke tiga Pemkab Trenggalek mengadakan Job Fair, pada kesempatan ini kurang lebih 50 perusahaan yang menjadi peserta telah ada 1500 lowongan yang siap isi oleh para pencari kerja di Kabupaten Trenggalek.  Lowongan perusahaan Perbankan, Retail, Pariwisata, Otomotif, Jasa Konstruksi, dan masih banyak lainnya juga tersedia dalam pameran bursa kerja ini.

Seperti yang dituturkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Trenggalek, drh. Nanang Budiarto bahwa selain untuk mengurangi angka pengangguran, Job Fair 2018 digelar untuk memfasilitasi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pengetahuan, keterampilan, bakat dan minatnya.  Selain itu juga untuk membantu perusahaan pengguna tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas, profesional sesuau dengan kebutuhan perusahaan.   Disamping itu juga untuk mengetahui kecenderungan tingkat pendidikan, jenis kelamin, kelompok umur pencari kerja dari jenis lowongannya.

"Harapan kita setelah adanya Job Fair ini bukan hanya seremonial saja, tetapi kita juga monitoring dan evaluasi dimana selambat-lambatnya satu bulan setelah pelaksanaan pameran ini," jelasnya.

"Perusahaan peserta pameran wajib melaporkan hasil penempatan langsung di perusahaannya kepada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja yang meliputi jumlah penempatan, jenis jabatan, lokasi penempatan, itu evaluasi kita sehingga bukan hanya seremonial trus hasilnya tidak ada," imbuh drh. Nanang Budiarto.

Sementara itu Bupati Trenggalek Dr.H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang membuka secara resmi Trenggalek Job Fair 2018 ini lebih menekankan kepada keseriusan para pencari kerja.  Dirinya mengibaratkan Job Fair 2018 seperti medan perang bagi pencari kerja, untuk bisa memenangkan peperangan itu pencari kerja harus mengetahui bagaimana medan perang itu sendiri.  Kompetisi adalah hal wajar yang harus dilalui oleh para pencari kerja mengingat dari 1500 lowongan pekerjaan tentu akan ada jumlah pelamar yang lebih besar daripada jumlah lowongan yang ada.

Terimakasih kepada perusahaan yang telah berpartisipasi, seperti yang saya sampaikan tadi bahwa tentunya mereka mencari calon pegawai yang bukan hanya berbekal ijazah tapi berbekal karakter, integritas, mampu bekerja dengan tim, bisa diberikan target," tutur Bupati.

"Ini tentunya sesuatu yang sulit dibuktikan hanya dengan selembar kertas biodata, nah kalau kita beruntung kita bisa dapat interview, karena disini beliau-beliau dapat kesempatan.  Ini tadi yang saya tekankan dan saya berharap nanti di 2019 dimasukin juga pembinaan karir bekerja sama dengan sekolah SMA," pungkas Bupati Emil. Diskominfo Trenggalek