Kampanyekan B2SA, Pemkab Trenggalek Gelar Lomba Cipta Menu 2018

berita

26 September 2018

1712
Kampanyekan B2SA, Pemkab Trenggalek Gelar Lomba Cipta Menu 2018

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek bersama Tim Penggerak PKK se Kabupaten Trenggalek gelar Lomba Cipta Menu 2018 di Gedung Serbaguna, Kelutan Trenggalek, Selasa (25/9).  Perwakilan dari 14 TP PKK yang jadi peserta sajikan menu andalan dengan bahan pangan selain beras untuk berebut menjadi juara I pada lomba kali ini.

Selain dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-38, Lomba Cipta Menu Trenggalek Tahun 2018 juga dimaksudkan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya prinsip Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dalam pencegahan stunting bagi remaja putri usia 12 tahun.

Tak hanya itu, konsep B2SA yang di tampilkan para peserta harus mengusung basis pangan lokal, artinya makanan yang disajikan harus mempunyai nilai lokal Trenggalek serta bisa dikonsumsi masyarakat setiap harinya.  Oleh karena itu diharapkan prinsip B2SA tidak hanya berhenti saat lomba saja, tetapi dapat ditindaklanjuti dalam kehidupan sehari-hari .

Konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat  mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi.  Salah satu kekurangan gizi yang saat ini menjadi perhatian pemerintah adalah Stunting  dimana kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak tumbuh terlalu pendek untuk usianya.

Terlebih guna mendukung pencegahan dan penanganan stunting, lomba juga ditekankan pada pemenuhan pangan untuk remaja putri khususnya protein hewani dan zat besi.  Mempersiapkan calon ibu yang sehat sebagai calon ibu masa depan, salah satu cara menyiapkan generasi sehat dan cerdas di masa yang akan datang.  Asupan gizi seimbang terutama pada anak usia remaja adalah salah satu langkah stop stunting yang bisa dilakukan generasi muda. Diskominfo Trenggalek