Festival Apem Dombo Meriahkan Desa Ngadirenggo

berita

17 July 2024

2681
Festival Apem Dombo Meriahkan Desa Ngadirenggo

Desa Ngadirenggo Pogalan kembali semarak dengan gelaran Festival Apem Dombo yang menjadi bagian dari ritual adat bersih Desa. Acara ini menarik perhatian banyak pengunjung, baik dari Desa setempat maupun wisatawan dari luar daerah. Sabtu (18/05/2024).

Apem Dombo merupakan makanan tradisional khas Ngadirenggo yang konon merupakan kesukaan Syeh Dombo, seorang tokoh leluhur Desa. Rasanya yang unik dan teksturnya yang khas menjadikannya berbeda dari apem pada umumnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek, Sunyoto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah desa dan masyarakat Ngadirenggo atas penyelenggaraan festival ini.

 


"Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepada pemerintah dan sekaligus masyarakat Desa Ngadirenggo yang hari-hari ini melaksanakan kegiatan ritual adat bersih Desanya," ujarnya.

Sunyoto  juga menekankan bahwa Festival Apem Dombo memiliki potensi untuk menjadi ciri khas jajanan dari Ngadirenggo.

 "Dari serangkaian adat yang panjang hari ini ada festival apem dombo, ini adalah makanan atau jajanan khusus dari Ngadirenggo kesukaannya syeh dombo pada masa itu. Dan nampaknya ini memiliki spesifikasi dibanding dengan apem-apem yang lain mulai dari rasa kemudian dari warna dan lain sebagainya, ini menunjukkan keluguhan, kejujuran syeh dombo pada masa itu. Kami berharap masyarakat Desa Ngadirenggo juga berinovasi, barang kali kedepan nanti untuk menjadikan apem ini menjadi ciri khas jajanan dari ngadirenggo bisa untuk dikreasikan," harapnya.

 


Selain melestarikan budaya dan tradisi, Festival Apem Dombo juga diharapkan dapat meningkatkan potensi wisata di Desa Ngadirenggo. (Kominfo Trenggalek)