FORKOPIMDA TRENGGALEK KOMPAK BELANJA DI PASAR BASAH UNTUK KEBUTUHAN LOGISTIK DAPUR UMUM

berita

19 April 2020

1873
FORKOPIMDA TRENGGALEK KOMPAK BELANJA DI PASAR BASAH UNTUK KEBUTUHAN LOGISTIK DAPUR UMUM

Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyiagakan dapur umum di setiap kecamatan sebagai langkah antisipasi dampak sosial ekonomi akibat wabah virus covid-19. Untuk mendukung ketersediaan logistik dapur umum tersebut, Forkopimda Trenggalek kompak berbelanja kebutuhan di Pasar Basah Trenggalek, Sabtu (18/4). Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menuturkan penyiagaan dapur umum ini ditujukan untuk membantu orang yang terdampak langsung secara ekonomi selain kebijakan jaring pengaman sosial yang ada. "Semua posko di setiap kecamatan kata siagakan, jadi dapur umum ini fungsinya untuk menangani dampak ekonomi kan kita Pemerintah Pusat sampai ke Kabupaten kan sudah punya yang namanya social safety net. Tapi kita tidak tahu orang bisa punya uang tetapi tidak bisa beraktifitas,"ungkap Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat dikonfirmasi. "Maka kita menyiagakan keamanan ketahanan pangannya, mulai dari hulu pasukan hasil dari panen yang berupa gabah dan juga beras sampai di sektor hilir nya kita siagakan semua dapur dapur umum," ungkap Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin saat dikonfirmasi.

Untuk mengantisipasi lonjakan dampak yang lebih besar akibat wabah corona, maka dapur umum akan difungsikan guna menyuplai kebutuhan masyarakat disaat diberlakukan pengurangan pergerakan masyarakat. "Karena kita tidak tahu mengantisipasi jika lonjakan nya tinggi maka kita harus mengurangi pergerakan, maka dapur umum nanti yang akan menyuplai kebutuhan masyarakat," jelas Bupati Nur Arifin. "Sekarang kita siagakan yang ada di sekitar kawasan kota karena di kota sudah mulai ada beberapa sektor yang terdampaknya cukup parah salah satunya pengemudi becak karena harus physical distancing orang takut untuk naik becak dan sebagainya. Maka kita prioritaskan mereka untuk dapat dulu," tutupnya.

Sementara itu senada dengan Bupati Trenggalek, Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengatakan terkait dengan dapur umum, sebelumnya Tiga Pilar di Trenggalek sebelumnya sudah melakukan pendistribusian sembako dan pembagian masker. Dampak dari kebijakan penerapan physical distancing tentu akan menjadikan banyak masyarakat yang lebih memilih tinggal di rumah. "Dalam hal ini kami mendekatkan bantuan-bantuan kepada keluarga tersebut. Mudah-mudahan upaya dari tiga pilar Trenggalek ini Forkpimda yang ada akan membantu warga yang terdampak covid-19," jelas Kapolres. Diskominfo Trenggalek