GRAND FINAL FESTIVAL GAGASAN, 18 PESERTA ADU IDE KREATIF UNTUK JADI 9 TERBAIK

berita

26 April 2018

2057
GRAND FINAL FESTIVAL GAGASAN, 18 PESERTA ADU IDE KREATIF UNTUK JADI 9 TERBAIK

Final Festival Gagasan Rakyat 2018 masuki babak grand final. Perhelatan grand final yang berlangsung di Pendhapa Manggala Praja Nugraha ini dibuka oleh Plt.Bupati Trenggalek H.Moch Nur Arifin dan Ketua Komunitas Bagimu Trenggalek M.I Setyawan, Rabu (25/4). Tak hanya ASN, festival ini juga diikuti oleh masyarakat dari beragam latar belakang, ada yang dari pelajar, pekerja, pengusaha dan masyarakat umum lainnya.

Festival gagasan merupakan suatu kontribusi dari komunitas Bagimu Trenggalek yang memiliki semangat dan jiwa muda untuk memberikan kontribusi terhadap Kabupaten Trenggalek. Salah satu yang dilakukan komunitas ini adalah mengadakan sebuah festival gagasan dimana berdasarkan analisa dan kajian di lapangan bahwa ruang-ruang partisipasi yang selama ini ada sebenarnya sudah cukup terbuka. Namun untuk sebagian masyarakat mungkin belum banyak mengetahui terkait dengan ruang-ruang aspirasi perlu ada sebuah media untuk menjembatani masyarakat agar lebih mudah menyampaikan aspirasinya melalui festival gagasan.

Terbukti dengan adanya event yang diberi judul Festival Gagasan Rakyat Trenggalek 2018 ini hanya dalam kurun waktu 1 bulan, ada sebanyak 99 gagasan yang masuk kepada tim seleksi. Dari 99 gagasan yang masuk tersebut diantaranya adalah 33gagasan dibidang ekonomi, 29 gagasan di bidang pelayanan publik, 20 gagasan kemandirian, 9 gagasan dibidang lain-lain.

Dengan banyaknya gagasan hanya dalam jangka waktu 1 bulan membuktikan bahwa masyarakat Trenggalek cerdas dan luar biasa dalam memberikan sumbangsih pemikirannya demi kemajuan Trenggalek. Dari keseluruhan 99 gagasan yang masuk telah dipilih 18 gagasan dimana 18 gagasan tersebut telah ditelaah dengan kajian bisa di implementasikan di Kabupaten Trenggalek dalam waktu dekat ini dan selanjutnya akan di saring kembali hingga mengerucut menjadi 9 gagasan terpilih yang akan mendapatkan tindak lanjut lebih siginifikan dari Pemkab Trenggalek.

Plt.Bupati Trenggalek  H.Moch Nur Arifin yang turut membuka event ini menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Trenggalek siap menindaklanjuti dan mengawal gagasan terpilih untuk ditindaklanjuti dalam sebuah MOU.

"Kita sudah ada komitmen, Bappeda kemarin sudah menandatangani MOU bahwa gagasan ini menjadi salah satu bagian karena mendukung RPJMD. Saya berharap 2019 dilakukan lagi kemudian 18 gagasan yang di presentasi dipilih 9 gagasan yang terbaik semoga benar-benar bisa membantu pemerintah untuk bekerja lebih baik," ungkap Plt.Bupati

Ke 9 gagasan yang telah lolos seleksi tim panelis ini rencananya akan mendapatkan tindak lanjut dari Pemkab Trenggalek untuk di terapkan pada APBD 2019. Hal tersebut ditegaskan oleh Plt.Bupati pasalnya keseluruhan dari 9 gagasan terpilih tidak keluar dari RPJMD sehingga akan lebih mudah untuk diimplementasikan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Trenggalek. (Dinas Kominfo Kab. Trenggalek)