Hari Inspirasi OASE Indonesia Bersatu, Novita Handini Berbagi Praktik Baik Wujudkan PTM Terbatas PAUD Sebagai Pemenuhan Hak Pemenuhan Hak Pendidikan Anak

berita

05 November 2021

209
Hari Inspirasi OASE Indonesia Bersatu, Novita Handini Berbagi Praktik Baik Wujudkan PTM Terbatas PAUD Sebagai Pemenuhan Hak Pemenuhan Hak Pendidikan Anak

Dalam kegiatan Hari Inspirasi OASE Indonesia Bersatu, Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini, SE bagikan praktik baik pengalaman sukses mewujudkan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas, Kamis (4/11/2021).

Novita Hardini menyampaikan, akibat keterbatasan dimasa pandemi covid-19 tidak semua lembaga PAUD bisa menyelenggarakan pembelajaran secara daring. Hal ini dikarenakan tidak semua orang tua memiliki perangkat telekomunikasi yang mumpuni, belum lagi ditambah kondisi geografis yang berbeda-beda mengakibatkan tidak seluruh wilayah dapat mengakses jaringan internet.

Tantangan semacam ini hampir seluruh daerah di Indonesia juga mengalami. Dalam kesempatan ini Novita membeberkan upaya menjawab tantangan seperti ini dalam memberikan hak pendidikan bagi anak usia dini di Kabupaten Trenggalek.

Sejak dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Trenggalek, Novita Hardini segera mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan dan Desa dengan tujuan penguatan peran Bunda PAUD dengan harapan dapat mengawal peningkatan kualitas PAUD di setiap desa.

Kemudian program 1 jam bersama ayah, karena disadari kegiatan produktifitas anak yang paling utama adalah di rumah. Orang tua tidak hanya ibu, ayah juga punya pengaruh besar dalam tumbuh kembang anak secara optimal.

Selanjutnya penanaman karakter yang berbasis iman dan taqwa adalah hal utama yang harus membersamai tumbuh kembang anak usia dini. Maka daripada itu penggiat perempuan ini menggagas adanya program Sepeda Keren bagaimana pendidikan dapat diakses secara setara oleh semua kelompok rentan, terutama bagaimana kabupaten Trenggalek menumbuhkembangkan pola asuh yang tepat bagi setiap perempuan dan ibu sebagai jantung keluarga.

Bekerjasama dengan NGO dalam mendirikan kurikulum Sepeda Keren, dengan adanya Sepeda Keren masyarakat Trenggalek dianggap lebih siap menghadapi hantaman dan tantangan selama pandemi covid-19.

 

Saat dikonfirmasi, Novita Hardini mengatakan, "Saya merasa bersyukur diberi kesempatan untuk berbagi praktik baik di Acara OASE Kabinet Indonesia Maju. Disaksikan di hampir seluruh Bunda PAUD Kabupaten/ Kota dan Provinsi di Indonesia. Dan juga disaksikan langsung oleh para pejabat eselon I dan II yang ada di jajaran kementrian, serta beberapa pejabat OASE Kabinet Indonesia Maju," terangnya.
Sarjana Ekonomi ini melanjutkan, "Ini luar biasa sekali, artinya apa yang dilakukan di Kabupaten Trenggalek ternyata sudah linier dengan cita-cita Pak Menteri. Disampaikan tadi oleh Ibu Franka, OASE dan Kementrian Pendidikan ternyata sudah dilakukan dan di praktikan di Kabupaten Trenggalek," sambung inisiator Sepeda Keren ini.

Jadi ini menjadi semangat bagi kita semua, khususnya Pokja Bunda PAUD Kabupaten Trenggalek, untuk bisa konsisten memberikan yang terbaik utamanya di dalam pemenuhan hak pendidikan bagi anak usia dini. Serta juga menambahkan beberapa poin yang tadi disampaikan dalam kegiatan hari ini, tentang apa saja peran penting ayah dalam pengasuhan anak.

Ini penting sekali digalakkan di Kabupaten Trenggalek. Kita tahu di Kabupaten Trenggalek, memiliki program 1 jam  bersama ayah. Program ini kedepan harus bisa menjadi program rutinitas kebanggaan Trenggalek.  Karena Kabupaten Trenggalek tadi menjadi satu-satunya kabupaten yang bisa mengungkapkan program ini di acara OASE ini.

"Saya sebagai Bunda PAUD merasa terpacu semangatnya untuk terus menjaga kinerja kami, agar baik, optimal dan tetap membawa manfaat tentunya bagi masyarakat. Saya paham pekerjaan ini tidak mudah, membutuhkan kolaborasi dan kerjasama. Tidak hanya pemerintah saja, namun juga semua sektor," ungkapnya.

Baik dari lembaga PAUD, maupun setiap organisasi dan orang tua yang ada di Kabupaten Trenggalek.  Untuk bisa bersama-sama memberikan hak pendidikan anak-anak dengan baik, dan mencetak anak-anak Kabupaten Trenggalek menjadi anak-anak yang berkualitas secara emosional dan karakternya.

 

Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE Kabinet Indonesia Maju) merupakan organisasi khusus yang di ilhami dari gagasan Ibu Negara dan Ibu Wakil Presiden serta disepakati oleh para pendamping menteri Kabinet Indonesia Maju untuk turut mendukung dan berperan dalam mensukseskan program Kabinet Indonesia Maju.

Tentunya sesuai dengan kapasitas sebagai para pendamping. OASE Kabinet Indonesia Maju merupakan wadah untuk jejaring komunikasi dan koordinasi sehingga memudahkan seluruh anggotanya untuk secara bersama-sama melakukan serangkaian aktivitas yang berguna bagi masyarakat luas. Diskominfo Trenggalek