Inspektorat Kabupaten Trenggalek Bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Jawa Timur Gelar Bimtek Peningkatan Kapabiltas APIP

berita

16 March 2017

2349
Inspektorat Kabupaten Trenggalek Bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Jawa Timur Gelar Bimtek Peningkatan Kapabiltas APIP

               Dalam rangka meningkatkan kinerja serta kapabilitas Aparatur Sipil Negara pada Inspektorat Kabupten Trenggalek yang bertugas sebagai Aparat Pengawasan Interen Pemerintahan (APIP), Inspektorat kabupaten Trenggalek bekerjasama dengan BPKP ( Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) perwakilan provinsi Jawa Timur, menggelar bimbingan teknis selama 3 hari di aula Inspektorat Trenggalek rabu 08 maret 2017.

              Terhitung dua hari kedepan mulai tanggal 08 sampai 10 maret jajaran ASN di kantor inspektorat  Trenggalek akan mendapat bimbingan dan materi dari BPKP perwakilan jawa timur. Bambang Agus Setyaji, Inspektur Kabupaten Trenggalek dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sengaja di gelar selain meningkatkan kapabilitas APIP di internal satuan kerjanya juga mengacu pada peraturan presiden nomor 60 tahun 208 tentang SPIP ( Sistem Pengawasan Intern Pemerintah).
                 Selanjutnya Your Happy perwakilan dari BPKP provinsi Jatim dalam paparannya menyampaikan inspektorat harus mampu memberikan solusi pada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayah pemkab Trenggalek tentang pengalokasian anggaran. "Jangan sampai terjadi SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) yang besar di akhir tahun. jika terjadi SILPA besar yang di rugikan adalah masyarakat secara umum" tegasnya.
              Lebih lanjut kata Your Happy APIP sendiri terbagi dalam 5 level yakni level initial, infrastucture, integrated, managed dan optimizing. Setiap level APIP di isi oleh 6 elemen yakni peran dan layanan, pengelolaan SDM, praktik profesional,akuntabilitas dan management kerja, budaya dan hubungan organisasi, struktur tata kelola.  Ditekankan oleh Your Happy  kinerja di APIP itu sendiri sejatinya lebih di titik beratkan pada bekerja secara tim work bukan pada kerja individu. (Inspektorat Trenggalek)